Penjualan Perdana OPPO Reno 10x Zoom dan Tips Fotografi Mobile dari Darwis Triadi

Penjualan Perdana OPPO Reno 10x Zoom dan Tips Fotografi Mobile dari Darwis Triadi

Tips & trik menggunakan kamera OPPO Reno 10x Zoom dari fotografer profesional Darwis Triadi
Penjualan-Perdana-OPPO-Reno-10x-Zoom-1
Penjualan-Perdana-OPPO-Reno-10x-Zoom-1

Usai berakhirnya masa pre-order yang digelar pada tanggal 17-27 Juni secara online, kini OPPO secara resmi memulai penjualan perdana model tertinggi seri smartphone baru Reno yakni Reno 10x Zoom. Di Indonesia, smartphone yang menyasar segmen premium high-end ini dibanderol Rp13 juta.

“Pada penjualan perdana, kurang lebih perangkat OPPO Reno terjual 1,7x lebih banyak dibandingkan OPPO R17 Pro. Sementara dibanding OPPO Find X, Reno 10x Zoom mendapatkan respon lebih besar sekitar 2-3 persen.” Ujar Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia.

Penjualan-Perdana-OPPO-Reno-10x-Zoom-3

“Uniknya ialah pada sesi penjualan pre-order Reno series, 70 persen konsumen yang melakukan pembelian secara online memilih Reno 10x Zoom. Hal ini sudah seperti yang kita rencanakan, di mana target pasar Reno 10x Zoom tentunya lebih tinggi dibandingkan Reno.” Lanjut Aryo.

Aryo menambahkan target pasar OPPO Reno 10x adalah tipikal orang-orang yang memang sudah bekerja di perusahaan, umur sekitar 25-35 tahun, dan dengan penghasilan di atas Rp10 juta. Orang-orang ini banyak memanfaatkan e-commerce dan penggunaan kartu kreditnya juga cukup tinggi.

Penjualan perdana OPPO Reno 10x Zoom ini akan digelar di beberapa kota. Dimulai dari Central Park Mall Jakarta (27 Juni), Trans Studio Mall Bandung (29 Juni), dan Pakuwon Mall Surabaya (30 Juni).

OPPO memberikan berbagai nilai tambah kepada total 200 orang pembeli OPPO Reno 10x Zoom yang tersebar di tiga kota tersebut. Di mana konsumen yang datang pertama ke area penjualan perdana akan mendapatkan IMOO Watch Phone Z5 senilai Rp3,2 juta.

Selain itu, selama periode penjualan perdana – konsumen berhak mendapatkan cashback sebesar Rp1 juta. OPPO juga menawarkan promo tukar tambah hingga Rp1,5 juta dari Joy Exchange. Sementara untuk O-Fans, OPPO menambah ekstra cashback hingga Rp1 juta.

Selain kemampuan kamera, Aryo menjelaskan bahwa yang menjadi daya tarik Reno series ialah karena memiliki storage 256GB dan RAM yang besar. Bersama pengalaman Panoramic Screen, serta keluaran suara yang kencang dengan dual speaker dan teknologi Dolby Atmos (khusus Reno 10x Zoom).

Klinik Fotografi Bersama Darwis Triadi

Penjualan-Perdana-OPPO-Reno-10x-Zoom-2

Hadir dengan kemampuan kamera mumpuni, pada acara penjualan perdana tersebut OPPO turut menghadirkan seorang fotografer profesional yakni Darwis Triadi untuk memberikan kelas fotografi mobile menggunakan kamera Reno 10x Zoom.

Ia sudah menggunakan Reno 10x Zoom sekitar satu bulan, menurutnya fitur kamera yang menarik tentu saja fasilitas zoom-nya dan mode expert-nya.

Agar tetap mendapatkan hasil foto yang optimal, tentu kita harus bijak menggunakan fitur zoom. Meskipun bisa melakukan perbesaran sebanyak 60x digital zoom, sebaiknya gunakan sampai 5x optical zoom saja, paling banter 10x hybrid zoom untuk menjaga kualitas foto.

Ia memberi tips, fasilitas zoom ini sebaiknya digunakan pada kondisi cahaya yang ideal. Kalau cahaya cukup, shutter speed juga mencukupi dan bisa menggunakan zoom dengan stabil.

Bila menggunakan fasilitas zoom di dalam ruangan atau cahaya minim, harus lebih hati-hati dan harus pegang smartphone dengan stabil saat memotret.

“Sementara, pada mode expert saya bisa menggunakan shutter speed serendah mungkin dan bisa sengaja membuat foto under atau over exposure sedikit. Cobalah membiasakan diri menggunakan mode expert, karena di mode ini kita bisa menggunakan teknik fotografi seperti menggunakan kamera (DSLR/mirrorless).” Ujar Darwis Triadi.

Kapan waktu yang tepat menggunakan mode expert? Menurutnya ada dua kondisi, kalau punya waktu banyak maka sebaiknya gunakan mode expert. Sebaliknya, kalau memotret saat hunting atau sambil jalan maka gunakan mode auto saja. Jangan lupa aktifkan fitur AI Scene Recognition.

Pada malam hari, selain bisa menggunakan mode malam – kita juga bisa menggunakan mode expert dan bantuan tripod. Gunakan ISO 100 dan shutter speed lebih lama untuk mendapatkan foto malam hari yang tajam dan cerah, asal pastikan subjek yang di foto tidak bergerak.

Tips dan trik lainnya dari Darwis Triadi ialah cobalah bereksplorasi dan bermain-main dengan backlight, peka melihat jatuhnya cahaya, gunakan refleksi kaca, serta bermain foreground dan background agar foto lebih berdimensi.

“OPPO Reno 10x Zoom ini dipersiapkan untuk orang-orang yang punya hobi fotografi dan hunting dengan kamera. Smartphone ini sudah setara dengan kamera entry-level (terutama kamera pocket di rentang harga Rp10 jutaan).” Tutup Darwis.

Katanya kamera smartphone memang sudah mengalahkan kamera pocket entry-level, tapi menurut saya belum dapat mengalahkan kamera pocket premium – apalagi kamera mirrorless.

Kamera smartphone memang praktis dan teknologi di dalamnya semakin canggih. Tapi kalau bicara soal kualitas foto, menurut saya di rentang harga Rp5-10 juta, kita masih mendapatkan kamera mirrorless dengan kualitas foto yang cukup baik. Sementara, di atas Rp10 juta akan mendapatkan kualitas foto dan juga video yang cukup baik.

Smartphone Gaming

OPPO-Reno-12

Dari tadi, kita bahas tentang kamera mulu. Padahal Reno 10x Zoom juga merupakan smartphone pertama dengan chipset Qualcomm termutakhir Snapdragon 855 yang resmi hadir di Indonesia.

Didukung kapasitas RAM 8GB dan storage hingga 256GB, Reno 10x Zoom dipastikan mumpuni untuk aktivitas gaming berat sekalipun. Aspek lain yang membuatnya asyik buat gaming juga karena Reno 10x Zoom menggunakan tiga ragam teknologi pendingin: Cooling Gel, Triple Graphite Layering, dan Copper Pipes.

Penjualan-Perdana-OPPO-Reno-10x-Zoom-4

Faktor ini juga yang membuat salah satu konsumen bernama William Sudhana, rela menukar perangkat iPhone 7 Plus kesayangannya dengan Reno 10x Zoom.

“Smartphone OPPO sudah menunjukkan kualitasnya, spesifikasi tinggi dengan harga yang kompetitif, itu membuatnya saya penasaran. Selain itu, karena saya juga bermain game dan melihat Snapdragon 855 di Reno 10x Zoom.” Ungkap William Sudhana.

Baterai 4065 mAh yang katanya awet, lengkap dengan teknologi isi cepat VOOC 3.0 Flash Charge juga menjadi pertimbangannya. Satu hal lagi, ia juga rupanya seorang content creator di Instagram. Melihat kemampuan 10x hybrid zoom dan kualitas kamera yang menjanjikan, menurutnya dapat menggantikan kamera mirrorless untuk sekedar kebutuhan daily content.

Verdict

Melihat fitur dan spesifikasi yang dibawanya, OPPO Reno 10x Zoom memang smartphone yang menjanjikan. Fasilitas kamera yang ditawarkan, meliputi kamera utama dengan resolusi tinggi 48MP, dikemas bersama lensa ultra wide, dan lensa telephoto dengan kemampuan 6x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan hingga 60x digital zoom – sangat menantang kreativitas para content creator.

Sebagai smartphone yang ditujukan di segmen premium high-end, harga Reno 10x Zoom juga semahal smartphone flagship kompetitor; Rp13 juta. Yang perlu diketahui ialah OPPO melalui sebuah proses yang sangat panjang untuk membangun brand image, terutama lewat smartphone kelas menengah mereka yakni F series yang akhirnya pensiun setelah menunaikan tugasnya dengan baik.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…