Categories

Gadget

Penjualan PlayStation 4 Telah Melampaui 82 Juta Unit

Naiknya penjualan kemungkinan disebabkan oleh larisnya sejumlah game first-party seperti God of War.

Yoga Wisesa - 1 August 2018

Seperti yang mungkin Anda ketahui, regenerasi console akan terjadi dalam dua atau paling lambat tiga tahun lagi. Saat ini, baik Sony dan Microsoft dikabarkan tengah menggarap penerus dari platform game generasi kedelapan mereka. Di fase akhir hidup PS4 dan Xbox One ini, masing-masing perusahaan menggunakan strategi berbeda dalam menjaga playerbase-nya tetap tinggi.

Microsoft melakukannya lewat upaya menyatukan ekosistem Xbox dengan Windows sembari memperluas kesempatan bagi developer untuk menerapkan cross-platform play. Taktik Sony cukup berbeda. Fitur cross-play tidak masuk dalam agendanya, dan perusahaan Jepang ini tetap fokus pada pengembangan konten eksklusif sebagai bahan bakar utama penjualan PlayStation 4.

Dilihat dari angka penjualan, PlayStation 4 memang jauh mengungguli sang rival. Di bulan April lalu, Sony dikabarkan berhasil memasarkan 79 juta unit PS4. Dan dalam laporan keuangan yang mereka publikasikan di tanggal 31 Juli kemarin, penjualan console bertambah lagi 3,2 juta, membuatnya melampaui 82 juta perangkat. Angka ini sudah melewati separuh dari pencapaian PlayStation 2 dengan 155 juta unit.

Secara terpisah, Sony juga menjelaskan bahwa penjualan software PlayStation 4 jauh lebih baik dari ekspektasimereka sebelumnya. Kontennya meliputi permainan-permainan first-party seperti God of War dan 'sejumlah game third-party'. Kita bisa menduga, God of War dan kawan-kawan berjasa mendongkrak penjualan PlayStation 4. Dan seperti yang sempat saya akui, game ini ialah salah satu alasan mengapa saya membeli PS4 Pro.

Sejak tersedia di bulan April silam, God of War kabarnya menjadi permainan eksklusif PlayStation 4 dengan penjualan tercepat sepanjang masa. Ia memimpin daftar game terlaris di periode April sampai Mei selama enam minggu berturut-turut. Dalam waktu satu bulan setelah ketersediaannya, God of War telah dibeli oleh lima juta pemain lebih - dan 2,1 juta kopi merupakan versi digital.

Selain rekor baru PlayStation 4, ada kabar gembira lain untuk para gamer console Sony. Melalui Twitter, tim Insomniac Games menginformasikan bahwa proses pengerjaan Marvel's Spider-Man yang disiapkan eksklusif untuk PlayStation 4 telah rampung. Namun kita tetap harus bersabar, permainan ini baru akan dirilis pada tanggal 7 September nanti.

Jika kebetulan Anda masih belum mempunyai PlayStation 4, belum lama ini Sony memperkenalkan PlayStation 4 Pro Limited Edition Marvel’s Spider-Man berwarna merah. Console edisi spesial ini juga sangat cocok dijadikan koleksi bagi para penggemar berat sang Manusia Laba-Laba.

Via GameSpot.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter