1. Lifestyle

Penjualan Smartphone 'Menang' Lawan Feature Phone

Pertandingan antara smartphone dan feature phone dari sisi penjualan sepertinya telah menemukan pemenangnya. Penjualan smartphone di seluruh dunia disebutkan telah mengalahkan penjualan feature phone pada kuarter kedua tahun ini.

Seperti yang dilaporkan Cellular News berdasarkan hasil riset dari Gartner menyebutkan bahwa penjualan feature phone di seluruh dunia kuarter kedua tahun ini menurun dari tahun sebelumnya, secara total ada 210 juta unit yang terjual turun 21 persen dari tahun lalu.

Untuk penjualan smartphone sendiri disebutkan mencapai 225 juta unit pada kuarter kedua tahun 2013, naik 46.5 persen dari periode yang sama tahun lalu. Sedangkan untuk total penjualan ponsel ke pengguna akhir di seluruh dunia sendiri pada kuarter kedua 2013 adalah 435 juta, naik 3.6 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Penjualan smartphone mencapai 51.8 persen dari penjualan ponsel keseluruhan pada kuarter kedua 2013, menjadikannya pemenang dan mengalahkan penjualan feature phone untuk pertama kali. Untuk pertumbuhan penjualan tertinggi ada di negara Asia/Pasifik (74.1%), Amerika Latin (55.7%) dan Eropa Timur (31.6%).

Pertumbuhan pengguna smartphone memang secara kasat masa bisa terlihat terus bertumbuh, salah satu indikasi antara lain adalah munculnya rilisan produk terbaru di segmen ini dari para pabrikan. Feature phone masih menjadi pasar yang penting di beberapa negara, namun perangkat Android harga murah serta Nokia yang juga merilis Asha baru (dengan kemampuan layaknya smartphone) serta perangkat Lumia murah memberikan pilihan bagi pengguna akhir untuk memiliki smartphone.

Sumber gambar header Aaron Amat/Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again