1. Lifestyle

Penjualan Tablet Android Semakin Melaju, Bantu Kalahkan Penjualan PC

Tablet akan mengalahkan penjualan PC pada tahun 2014. Prediksi ini salah satunya disokong oleh popularitas tablet berbasis Android.

Dengan kondisi saat ini dimana masyarakat atau konsumen belum melihat iPad baru yang dipasarkan dalam kurun sembilan bulan terakhir, serta peluncuran Nexus 7 yang juga baru dilakukan dalam kurun waktu beberapa bulan, memungkinkan pertumbuhannya tablet untuk bisa terus meningkat.

Dengan menyentuh angka 51,7 juta tablet yang berpindah tangan ke konsumen dalam kurun waktu tiga bulan, berdasarkan pengamatan firma riset pasar Strategy Analytics, industri ini mengalami peningkatan penjualan sebesar 43 persen dari  36,1 juta pada tahun lalu.

Penyumbang utama peningkatan besar-besaran ini adalah sang raksasa Google dan partner-partnernya, yang telah menguasai 67 persen saham global di antara produsen-produsen tablet lainnya.

"Android kini bisa berkembang dengan stabil berkat rekan-rekan pemasok hardware seperti Samsung, Amazon, Google dan tablet White-Box," jelas Peter King, direktur Strategy Analytics seperti yang dikutip dari Techradar.

Sementara itu, pengiriman iPad berkurang ke titik 14 persen di kwartal kedua 2013, Apple hanya berhasil menjual 14,6 juta tabletnya itu.

Analis juga menyebutkan bahwa konsumen mungkin akan menjaga dompetnya sembari berjaga-jaga jika Apple akan meluncurkan iPad 5 dan iPad mini 2 di bulan Oktober besok. Apple juga menikmati dampak dari rilis iPad Mini, dimana produk ini tahun lalu belum tersedia dan kini telah bertebaran di pasar, meski di beberapa negara (termasuk Indonesia) belum tersedia resmi. Model baru keluaran Apple masih dinantikan untuk hadir di pasar.

Yang tidak boleh juga dilupakan, tablet berbasis Windows naik kira-kira 4,5 persen dari total penjualan tablet global terhitung di bulan April hingga akhir Juni.

Menurut perkiraan firma marketing tersebut, penjualan Tablet Surface akan mengalami peningkatan di kwartal selanjutnya. "Mungkin terdapat peningkatan sedikit di penjualan Surface RT di kwartal tiga karena pemotongan harga dari para partner Microsoft yang terlibat di dalamnya."

"Microsoft telah memotong harga tablet ini sebesar US$ 150 dan mungkin vendor lain akan mengurangi harganya lebih besar; tentu jika dibandingkan dengan tablet lain, Surface masih tergolong mahal, namun kini mereka bisa mulai bersaing."

Seperti yang disebutkan TheNextWeb, menurut analis NPD, pasar PC telah beralih dari notebook ke tablet, pengiriman tablet PC diperkirakan mencapai kurang lebih 364 juta secara global di tahun 2014, dua kali lebih besar dari prediksi pengiriman notebook dan PC tipis.

Lebih lanjut analis mengatakan bahwa pengiriman tablet akan mengalahkan notebook tahun ini sedangkan di tahun 2017, pengiriman tablet diperkirakan bisa mencapai 589 juta.

Sumber artikel: Techradar.com. Sumber gambar header: YanLev/Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again