1. Startup

Pentingnya Kualitas Data Bagi Bisnis Modern

Terutama bagi bisnis yang menempatkan data sebagai landasan arah bisnis mereka

Data dan bisnis modern seolah menjadi paket lengkap yang tidak bisa dipisahkan. Sebagai bisnis yang berjalan di era teknologi data lengkap dengan analisisnya merupakan bagian terpenting yang menopang arah kebijakan dalam bisnis. Analisis data yang dihasilkan menjadikan acuan ke mana bisnis selanjutnya akan dikembangkan. Di posisi ini kualitas data menjadi sangat penting, sekali lagi sangat penting. Memastikan data benar-benar ‘bersih’ dan baik adalah hal yang wajib diupayakan.

Bersih yang dimaksud adalah bersih dari data-data duplikasi. Hal ini sangat berpengaruh pada keakuratan hasil analisis dan juga nantinya berpengaruh pada pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Selain duplikasi data kevalidan sumber juga menjadi salah satu hal yang penting. Sumber yang valid akan berdampak langsung pada kualitas data dan analisis yang dihasilkan.

Tidak ada harga pasti yang bisa dibayarkan untuk hasil dari buruknya kualitas data. Beberapa dampak negatif yang mungkin bisa ditimbulkan, antara lain seperti buruknya ROI pemasaran, gagalnya mengetahui apa yang sedang terjadi di pasar, memungkinkan turunnya kualitas keamanan data, dan gagal bersaing karena keputusan-keputusan tidak lagi akurat.

Selain menghindari duplikasi data dan dampak seterusnya akibat penggunaan data “tidak berkualitas” tanggung jawab adalah hal selanjutnya ketika berbicara mengapa penting menjaga kualitas data. Jika bicara bisnis saat ini personalisasi adalah salah satu layanan yang banyak disebut-sebut. Layanan personalisasi pada dasarnya adalah mengelola data penggunaan pengguna untuk diolah menjadi sebuah saran bagi pengguna terkait dengan produk atau layanan. Jika data yang menjadi bahan bakar sudah terkontaminasi, personalisasi tidak lagi menjadi sesuatu yang valid sesuai dengan apa yang diinginkan pengguna.

Bisa dibilang kualitas data adalah hal wajib bagi semua bisnis modern yang menjadikan data sebagai landasan. Jadi jika kualitas data masih menjadi nomor dua bahkan nomor sekian dalam urusan analisis data, ini akan menjadi semacam bom waktu yang kapan saja bisa meledak dan memberikan dampak buruk. Baiknya memang kualitas, keamanan, dan perihal masalah data ditempatkan sejajar satu sama lain.

- Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again