1. Startup

Pentingnya Membangun Aplikasi Pada Segmen Perangkat Tertentu

Menyasar segmen pasar tertentu untuk sebuah aplikasi menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi tim pengembang. Pentingnya mengembangkan aplikasi atau layanan di segmen yang populer dapat meningkatkan daya tarik dan kelebihan tersendiri bagi mereka. Pengguna tidak dapat menikmati sebuah fitur secara maksimal jika aplikasi tersebut dirancang bukan untuk perangkatnya. Di sisi lain, pengembang wajib membaca segmen pasar mana yang paling banyak diminati.

Terjun ke segmen yang tepat tentunya memberikan dampak yang besar, salah satunya adalah calon pengguna yang lebih luas. Bagi pengembang, perbedaan segmen antar perangkat yang ada dapat dijadikan acuan mengenai kualitas fitur dan kemampuan yang ditawarkan untuk pengguna dari aplikasi tersebut nantinya.

Pengembang yang baik dapat menyesuaikan fitur dan kegunaan yang ingin disajikan tanpa membebani perangkat pengguna. Jika pengembang ingin merancang sebuah aplikasi direktori yang mampu menghubungkan pengguna dengan tempat tertentu, ada baiknya mereka fokus untuk memaksimalkan fitur GPS yang ada. Pengembang juga tidak perlu menggunakan fitur polygon 3D yang berlebihan jika mereka ingin memasuki segmen low-end.

Aplikasi yang dirancang seharusnya bisa mengakomodasi kemampuan prosesor, RAM, dan kapasitas penyimpanan. Seringkali pengguna mengeluhkan aplikasi yang crash karena spesifikasi perangkat kurang mumpuni untuk menjalankan aplikasi tersebut, terlepas dari manfaatnya yang mungkin sangat dibutuhkan oleh pengguna.

Jika pengembang ingin merancang sebuah aplikasi yang dapat digunakan dalam skala nasional (di Indonesia), maka target yang ideal adalah segmen low-end hingga middle-end. Mendukung gagasan tersebut, Samsung sebagai vendor perangkat Android terbesar di Indonesia menggelar sebuah ajang pencarian aplikasi terbaik buatan pengembang lokal. Bekerja sama dengan Telkomsel yang memiliki jumlah pelanggan terbesar di tanah air, Samsung dan Telkomsel memiliki inisiatif mengorbitkan aplikasi pilihan yang menjadi pemenang di ajang Indonesia Next App (INA).

Melalui INA, pengembang diberi kesempatan menciptakan aplikasi yang berguna bagi keseharian para pengguna smartphone Android di Indonesia. Dengan terjun ke segmen yang pas berdasarkan kegunaannya, aplikasi tersebut diharapkan terdistribusi dengan tepat guna.

“Semoga peserta dapat menghasilkan sesuatu yang memang dibutuhkan dan memberikan layanan yang memiliki tingkat relevansi yang tinggi terhadap masing-masing profile penggunanya. Karena semakin tinggi tingkat relevansi dari satu aplikasi terhadap penggunanya, maka akan semakin diminati,” papar Manager Content and Service Samsung Indonesia Dolly Surya Wisaka.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

-

Artikel ini merupakan bagian rangkaian ajang Indonesia Next App. DailySocial bekerja sama dengan Samsung dan Telkomsel mengajak Anda berpartisipasi di Indonesia Next App, sebuah kompetisi pencarian aplikasi Android terbaik di Indonesia untuk bersaing di kancah Asia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again