1. Lifestyle

'Perang' Robot di DARPA Robotic Challange

Menciptkan robot yang berfungsi sempurna merupakan mimpi manusia semenjak zaman dahulu kala. Seorang penulis legendaris, Philip K. Dick, adalah salah satu visioner yang menuangkan ide-ide fiksi ilmiah dalam dunia imajinasi masa depan penuh robot. Puluhan tahun sepeninggalannya, mimpi itu tidak pernah meredam.

Mimpi yang sama dirasakan oleh para peniliti dan teknisi bidang robotik. Dengan visi kemanusiaan dan juga fungsi eksplorasi ruang angkasa, American Defense Advanced Research Projects Agency melangsungkan Robotic Challange. Mereka ingin mencari desain robot terbaik hasil karya talenta jenius dari seluruh dunia.

Untuk mencari yang terbaik dari yang terbaik, semua robot rancangan tim peserta diberi tantangan skenario dalam situasi ekstrim seperti mengendarai kendaraan, membersihkan puing-puing hingga 'memotong' tembok beton. Kemampuan-kemampuan ini dibutuhkan jika mereka menginginkan robot tersebut dapat menyelesaikan misi penyelamatan di bumi maupun di ruang angkasa.

Para peserta juga didorong untuk merancang robot yang bisa bekerja sama dengan manusia di area bencana alam, mampu beroperasi di berbagai situasi berbahaya, bahkan mampu penyelamatan pertama saat kecelakaan layaknya manusia. Pemenang yang terpilih akan diberikan hadiah sebesar US$ 2 juta sebagai dana bantuan untuk meneruskan proyek mereka di bawah pengawasan DARPA.

Salah satu robot yang menjadi favorit adalah Valkyrie. Ia adalah sebuah robot dengan desain struktur tubuh manusia setinggi 254 cm garapan NASA. Para penciptanya menyebut Valkyrie sebagai robot 'superhero' karena beberapa hal. Layaknya manusia, Valkyrie bisa berjalan sendiri, mengambil objek bahkan bisa menggunakan peralatan kereas. Dengan kemampuannya ini, Valkyrie diharapkan bisa menyelamatkan nyawa di zona bencana maupun perang.

Sang robot humanoid ini didesain dengan karakteristik perempuan - walaupun robot ini sangat tinggi dan memiliki bobot kurang lebih 127kg - dan memiliki berbagai kamera, sonar dan alat perekam. Semuanya ditenagai oleh betarai 2kWh. Valkyrie didesain selama sembilan bulan oleh tim teknisi NASA di Johnson Space Center, Houston, Texas. Ia disebut sebagai automaton karena mampu melakukan tugas secara otomatis.

Sang pemimpin proyek JSC Dexterous Robotics, Nicolaus Radford menjelaskan, "Kami merancang robot yang bisa membuat Anda terpana saat melihatnya. Saat Anda menyentuh Valkyrie, Anda tidak mau merasakan bagian logam yang kasar dan dingin. Anda ingin agar ia terasa alami, seperti saat Anda bekerja dengan sesama manusia."

Robot lain yang tak kalah canggih adalah Florian. Ia dibuat oleh Team ViGIR yang anggotanya berasal dari Virginia, Oregon dan Jerman. Nama robot ini terinspirasi St. Florian, sang malaikat pelindung para pemadam kebakaran. Florian memiliki bobot yang tidak kalah berat, yaitu 146 kilogram.

Google juga turut serta dalam DARPA Robotic Challange dengan mendaftarkan firma asal Jepang yang baru-baru ini mereka akuisisi. Mereka menamainya dengan panggilan Schaft. Ia merupakan salah satu yang paling ringan dalam kompetisi internasional ini, hanya 95kg dengan tinggi 1,48m.

Universitas Carnegie Mellon juga mengembangkan robot bernama CHIMP (CMU Highly Intelligent Mobile Platform). Berkebalikan dengan Schaft, CHIMP adalah robot terberat dalam DARPA Robotic Challange dengan bobot hampir 178 kilogram. Ia bergerak dengan sistem track a la tank dan dilengkapi sensor 360 derajat untuk memberikan operator sudut pandang yang luas.

Beberapa robot lain juga hadir di sana: THOR (Tactical Hazardous Operations Robot) buatan tim Virginia Tech, DRC-Hubo buatan Team Kaist asal Korea, robot NASA lain buatan Jet Propulsion Labs bernama RoboSimian.

Terdapat 17 tim yang berpartisipasi dalam Robotic Challange dan rencananya mereka akan memamerkan hasil-hasil karya luar biasa ini kepada publik tanggal 20 dan 21 Desember di Homestead Miami Speedway, Florida. Acara finalnya sendiri akan dilangsungkan di malam tahun baru. Siapa yang menjadi favorit Anda?

Saya sendiri berharap Valkyrie menang. Ia sedikit mengingatkan kita pada Atom di film Real Steel...

Via DailyMail.co.uk. Gambar header: Minbcnews.com. Gambar lain: Disclose.tv, AviationWeek.com, Pennenergy.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again