10 July 2014

by Yoga Wisesa

Perangkat Virtual Reality Pertama Samsung Akan Dinamai Gear VR

Melihat strategi yang telah diambil, Samsung memiliki ambisi yang besar dalam memperluas dan mengembangkan lini produk mereka. Samsung saat ini memiliki dua proyek besar yang sedang mereka garap: perangkat augmented reality dan juga virtual reality. Ketika device AR mereka sudah cukup sering kita dengar, perangkat VR Samsung masih menjadi misteri.

Tapi keheningan tersebut akhirnya terpecahkan oleh sebuah gambar 'bocor' yang beredar di internet. Dari hasil laporan SamMobile, perangkat virtual reality pertama besutan Samsung ini dinamai Gear VR. Menariknya, bagian software di dalamnya merupakan hasil kolaborasi mereka dengan Oculus.

Berdasarkan informasi yang ada, Gear VR akan mengusung desain headset virtual reality pada umumnya, seperti Project Morpheus atau Oculus Rift. Pengguna akan memasangkan perangkat ini di mata dan melihat melalui sepasang layar di dalamnya. Bagian hardware dan layar dibekali sendiri oleh sang produsen asal Korea itu berbasis dari perangkat keras smartphone Galaxy.

 

Info menarik: Samsung Siapkan Perangkat Virtual Reality untuk Bersaing Dengan Oculus dan Morpheus?

 

Selain itu, tentu saja Gear VR akan memiliki accelerometer dan berbagai sensor gyro - sehingga bukan hanya menyajikan 'pintu' ke dunia digital, tapi ia juga bisa merespon gerakan kepala Anda serta membaca arah gravitasi. Di bagian samping headset, Anda bisa menemukan touchpad untuk navigasi software dan sebuah tombol untuk mengaktifkan kamera agar pengguna juga bisa mengakses tampilan augmented reality keadaan disekitarnya.

Banyak orang membandingkan Samsung Gear VR dengan rancangan headset virtual reality do-it-yourself yang Google baru rilis belakang ini. Samsung mendapatkan respon positif karena mereka mengusung ide VR jauh lebih serius dibanding Google, walaupun masih cukup jauh dari kata rampung jika dibandingkan dengan milik Oculus dan Sony.

Ketika Project Morpheus dan Oculus Rift memang dirancang dari awal untuk sepenuhnya mendukung gaming, Gear VR ditujukan untuk kebutuhan yang lebih casual seperti menonton film 3D dan sejenisnya. Samsung tampaknya memiliki rencana agar Gear VR juga dapat terintegrasi dengan berbagai aplikasi berbasis Android, setelah toolkit-nya dirilis ke para developer.

 

Info menarik: Galaxy Glass, Upaya Samsung Untuk Tandingi Google Glass

 

Jika sudah mendukung app, tidak menutup kemungkinan bagi Gear VR untuk menjalankan app hiburan seperti game. Mungkin setelah diawali dengan beberapa judul permainan casual, bisa jadi Samsung akan terdorong untuk menanamkan fitur dan teknologi yang lebih canggih ke dalamnya.

Tapi SamMobile juga memberikan sebuah teori yang menarik: dengan desain seperti ini, Samsung mencoba memotong biaya produksi secara besar-besaran, sehingga mereka mampu menawarkannya di jangkauan harga yang murah. Sayangnya dari reputasi mereka, Samsung jarang menyajikan produk flagship dengan harga yang tak mahal. Dengan begitu akan sangat menarik menanti pendekatan seperti apa yang Samsung terapkan untuk Gear VR.

Dari sumber yang sama, Samsung Gear VR akan diumumkan secara resmi dalam ajang pameran consumers electronic IFA 2014 yang akan diadakan di Berlin pada tanggal 5 hingga 10 September nanti.

Via Eurogamer. Gambar header: SamMobile.