MSME Tutorial

5 Perbedaan Aplikasi Amaan dan Pinjol, Penting untuk Diketahui!

Aplikasi Amaan bukan pinjol. Simak lima perbedaannya pada artikel ini.

Pinjaman online atau pinjol merupakan layanan pinjaman atau kredit yang berbasis daring (online). Pinjol seringkali menjadi alternatif para pengusaha untuk mendapatkan pinjaman modal. Selain melalui pinjol, para pengusaha juga dapat memperoleh modal usaha di aplikasi Amaan. Anda mungkin bertanya-tanya, jika memiliki fungsi yang sama, lalu apa perbedaan Amaan dan pinjol?

Kemudian, apakah aplikasi Amaan juga termasuk salah satu aplikasi pinjol? Nah, di sini Anda akan melihat lima perbedaan aplikasi Amaan dan pinjol yang penting untuk diketahui agar Anda tidak salah pilih. 

Perbedaan Amaan dan Pinjol

Melansir website Amaan, Amaan bukan termasuk ke dalam pinjaman online. Terdapat beberapa poin yang menunjukkan bahwa Amaan berbeda dengan pinjol. Berikut ini adalah rangkumannya untuk Anda.

Izin Usaha sebagai Financing Agent

Berbeda dengan pinjol yang memiliki izin usaha sebagai fintech lending, Amaan memiliki izin usaha sebagai financing agent. Kemudian, Amaan juga telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, serta menjadi anggota AFTECH atau Asosiasi Fintech Indonesia.

Memberikan Pembiayaan bukan Pinjaman

Seperti namanya, pinjol merupakan layanan yang menawarkan pinjaman kepada penggunanya. Sedangkan Amaan adalah aplikasi yang menawarkan pembiayaan, bukan pinjaman. Pembiayaan dan pinjaman diketahui memiliki prinsip yang berbeda.

Jika pemberi pinjaman mendapatkan keuntungan dari bunga, maka pemberi pembiayaan akan mendapatkan keuntungan dari bagi hasil.

Target Pengguna

Pinjol pada dasarnya dapat digunakan oleh siapa saja, baik individu secara umum atau pengusaha dengan tujuan apa saja. Sedangkan Amaan merupakan aplikasi yang secara khusus diperuntukkan untuk para pengusaha perempuan yang mayoritas juga merupakan tulang punggung keluarga.

Amaan hadir untuk menawarkan pembiayaan yang nantinya bisa digunakan sebagai modal usaha untuk menghidupi keluarga.

Berbasis Syariah

Selain tiga poin di atas, salah satu yang membedakan Amaan dengan pinjol adalah prinsip Amaan yang berbasis syariah, yakni mengandung prinsip-prinsip hukum Islam. Contohnya dengan diterapkannya penggunaan sistem bagi hasil alih-alih bunga pada Amaan.

Layanan yang Ditawarkan

Perbedaan yang terakhir ada pada layanan yang ditawarkan. Pinjol umumnya hanya menawarkan pinjaman untuk penggunanya. Sedangkan Amaan menawarkan berbagai layanan yang bertumpu pada empat pilar, yakni keuangan, belanja, belajar, dan kesehatan melalui fitur-fiturnya yang dapat Anda lihat selengkapnya di sini.

Demikian rangkuman mengenai perbedaan Amaan dan Pinjol. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam menentukan aplikasi mana yang lebih cocok bagi Anda untuk mendapatkan modal usaha.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again