1. Entrepreneur

Memahami Perbedaan Copywriting untuk Bisnis B2B dan B2C

Menyelami Perbedaan Copywriting yang Efektif untuk Bisnis B2B dan B2C

Dalam ranah pemasaran modern, copywriting adalah salah satu kunci untuk mencapai efektivitas pesan pemasaran. Namun, ketika berbicara tentang bisnis B2B (Business-to-Business) dan B2C (Business-to-Consumer), strategi copywriting yang efektif memerlukan pendekatan sesuai karakteristik unik dari masing-masing jenis bisnis.

Bisnis B2B (Business-to-Business) vs. Bisnis B2C (Business-to-Consumer)

B2B melibatkan transaksi antara dua bisnis atau organisasi. Produk atau layanan yang ditawarkan biasanya dirancang untuk memenuhi kebutuhan atau meningkatkan operasional perusahaan. Pemangku kepentingan dalam bisnis B2B adalah perusahaan atau organisasi.

Sementara itu, B2C melibatkan transaksi antara bisnis dan konsumen individu. Produk atau layanan yang ditawarkan biasanya ditujukan untuk pemakaian pribadi konsumen secara langsung. Pemangku kepentingan dalam B2C adalah konsumen akhir yang membuat keputusan pembelian berdasarkan preferensi pribadi, keinginan, dan pengalaman pengguna. Karenanya, keputusan pembelian dalam B2C cenderung dipengaruhi oleh emosi, kenyamanan, dan manfaat segera yang dapat diperoleh oleh konsumen.

Setelah memahami dasar dari kedua jenis bisnis ini, kita dapat menjelajahi bagaimana strategi copywriting dapat diadaptasi untuk mencapai efektivitas maksimal dalam menargetkan audiens yang berbeda.

Perbedaan Copywriting B2B Vs B2C

Dalam laman Medium, terdapat 5 hal yang menggambarkan perbedaan copywriting untuk bisnis B2B dan B2C. Simak perbedaan-perbedaan tersebut dibawah ini!

Target Audiens

Copywriting untuk B2B berfokus pada membangun kepercayaan dengan sekelompok kecil prospek pada satu waktu, juga lebih menitikberatkan pada jenis audiens tertentu daripada mencoba menjangkau pasar yang lebih luas dalam jumlah besar.

Sementara itu, copywriting untuk B2C lebih menitikberatkan pada upaya membangun kepercayaan dengan sekelompok besar target audiens secara bersamaan, dengan tujuan menarik perhatian dan memengaruhi orang sebanyak mungkin.

Tujuan

B2B copywriting bertujuan untuk menciptakan copy yang dapat menarik perhatian audiens, menggugah minat terhadap produk, dan mengubah mereka menjadi pelanggan. Sedangkan B2C copywriting tujuannya lebih dari sekadar menjual produk, mereka juga ingin menciptakan loyalitas pelanggan yang solid terhadap merek.

Tone dan Gaya Penulisan

Gaya penulisan copy untuk B2B biasanya lebih bersifat formal, dengan kalimat yang panjang, dan paragraf yang lebih besar. Sementara B2C lebih santai, menggunakan gaya bahasa informal dan istilah yang lebih kasual, serta mengusung gaya penulisan yang menyenangkan disertai humor.

Panjang Copy

Copy untuk B2B cenderung memiliki kalimat dan paragraf yang lebih panjang karena sifatnya yang lebih formal. Sementara copy untuk B2C jauh lebih singkat, padat, dan ringkas.

Koneksi

Berbeda dengan gaya copy B2C yang lebih menekankan pada pembentukan koneksi dengan target audiensnya melalui humor, gaya bahasa dan penulisan yang lebih santai, copy untuk B2B lebih menakankan pada produk atau layanan yang ditawarkan.

Memahami perbedaan esensial antara copywriting untuk bisnis B2B dan B2C adalah langkah pertama dalam merancang pesan pemasaran yang efektif. Sebuah strategi copywriting yang cermat dan disesuaikan akan menjadi landasan yang kuat untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again