MSME Tutorial

3 Perbedaan Dana Bisnis dan Dana Biasa, Sudah Tahu?

Sudah tahu perbedaan Dana Bisnis dan Dana biasa? Lihat informasi lengkapnya di sini.

Adanya Dana Bisnis membuat banyak orang termasuk Anda mungkin bertanya-tanya apa perbedaan Dana Bisnis dan Dana biasa. Artikel ini akan membahas tiga perbedaan yang dimiliki dua produk Dana Indonesia tersebut.

Jika Anda adalah pelaku usaha yang ingin menggunakan Dana Bisnis untuk kelancaran transaksi usaha Anda, di akhir artikel ini Anda juga akan menemukan informasi mengenai cara mendaftar Dana Bisnis.

Perbedaan Dana Bisnis dan Dana Biasa

Dana Bisnis adalah fitur terbaru dari Dana Indonesia yang dibuat khusus untuk memudahkan UMKM atau jenis usaha perseorangan dalam hal pembayaran dan pengelolaan keuangan usaha. Anda bisa menemukan Dana Bisnis ini pada aplikasi Dana.

Karena Dana Bisnis dibuat khusus untuk kebutuhan usaha, tentu Dana Bisnis memiliki fitur-fitur yang tidak ada pada Dana biasa. Apa saja itu? Berikut ini adalah tiga hal yang menjadi perbedaan antara Dana Bisnis dan Dana biasa.

QR Standar Indonesia (QRIS)

Pada Dana biasa, Anda hanya dapat menerima pembayaran melalui sesama Dana karena kode QR pada Dana biasa bukanlah QR berstandar Indonesia atau QRIS. Sedangkan pada Dana Bisnis sudah menggunakan QRIS. Sehingga, Anda bisa menerima pembayaran melalui aplikasi lainnya.

Bahkan, jika Anda melakukan upgrade Dana Bisnis ke level Gold, Anda bisa menerima pembayaran melalui kartu bank dan virtual account.

Fitur Nearby

Dana menambahkan beberapa fitur pada Dana Bisnis yang tidak ada pada Dana biasa. Salah satunya adalah fitur Nearby. Fitur ini menunjukkan fitur lokasi Anda sebagai merchant pada peta. Sehingga, pelanggan atau pengguna lain bisa mengetahui keberadaan bisnis Anda.

Selain fitur Nearby, masih banyak lagi fitur-fitur pada Dana Bisnis yang akan memudahkan proses pembayaran usaha Anda. Anda dapat melihat fitur-fitur tersebut pada video di bawah ini.

Video Fitur-Fitur Dana Bisnis oleh Dana Indonesia

https://www.youtube.com/watch?v=iHGcupgahGk

Limit Penyimpanan Saldo

Untuk kebutuhan penyimpanan saldo usaha, Anda tentu memerlukan akun dompet digital dengan limit saldo besar. Pada akun Dana biasa, limit saldo hanya Rp.2.000.000 atau Rp.10.000.000 untuk akun Dana Premium.

Pada Dana Bisnis, Anda bisa mendapatkan limit penyimpanan saldo mulai dari Rp.5.000.000/bulan hingga Rp.200.000.000/bulan tergantung tingkatan akun Dana Bisnis Anda.

Cara Mendaftar Dana Bisnis

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Dana Bisnis karena sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai pengusaha, maka Anda bisa daftar akun Dana Bisnis dengan mengikuti cara di bawah ini. Namun, pastikan sebelumnya Anda telah upgrade ke Dana Premium karena jika Anda belum upgrade, Anda belum bisa daftar Dana Bisnis.

  • Buka menu Saya pada aplikasi Dana.

 

 

  • Klik Daftar Dana Bisnis Sekarang.

 

 

  • Akan muncul tampilan yang memperlihatkan berbagai keuntungan menjadi Dana Bisnis. Klik Daftar Akun Bisnis.
  • Kemudian, masukkan informasi bisnis Anda. Diantaranya nama usaha, jenis usaha, alamat lengkap usaha, kota tempat usaha, jam operasional, media sosial usaha, nama Anda sebagai pemilik usaha, alamat pemilik usaha, dan NPWP (tidak wajib).

 

 

  • Lalu, klik Lanjutkan.
  • Selanjutnya masukkan foto produk dan foto tempat usaha Anda. Klik Lanjut untuk Persetujuan.
  • Berikutnya, baca dan pahami ketentuan yang berlaku untuk Dana Bisnis.
  • Jika sudah, klik Lanjut untuk Persetujuan.
  • Pengajuan pendaftaran Anda diproses. Tunggu persetujuan pendaftaran hingga maksimal 2 hari. Anda akan mendapatkan notifikasi juga pendaftaran Anda disetujui.

Itu dia perbedaan Dana Bisnis dan Dana biasa beserta cara mendaftar Dana Bisnis untuk Anda yang tertarik. Sebagai pelaku bisnis, Anda tentu harus mengikuti arus perkembangan zaman yang kini sudah serba digital. Salah satu caranya adalah dengan upgrade cara Anda berbisnis menggunakan Dana Bisnis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again