1. Startup

Perhatikan Lima Hal Berikut Saat Melokalkan Produk di Indonesia

Andrew Senduk berbagi tips untuk melokalkan produk di Echelon Indonesia 2015

Ketika sebuah perusahaan semakin tumbuh besar, ia akan berusaha untuk memperluas jangkauan wilayah usahanya. Hal ini diperlukan oleh sebuah perusahaan agar dapat berkembang lebih besar lagi. Tetapi setiap upaya memperluas jangakauan wilayah tersebut tak akan semudah yang dibayangkan, karena setiap wilayah memiliki karakteristik yang berbeda. Dalam ajang Echelon Indonesia 2015, CEO WhatsNew Indonesia Andrew Senduk berbagi beberpa tips terkait dengan upaya perluasan wilayah bisnis perusahaan khususnya untuk pasar Indonesia yang memeiliki keunikan sendiri.

Dalam ajang Echelon Indonesia 2015, Andrew menyampaikan bahwa ketika Anda menjalankan sebuah bisnis, pada akhirnya bisnis tersebut haruslah scalable. Artinya, pada titik tertentu mau tidak mau Anda harus memperluas wilayah bisnis ke  area tertentu agar bisnis yang dijalankan dapat tetap tumbuh. Disinilah proses melokalkan brand Anda menjadi elemen penting dalam menciptakan pertumbuhan perusahaan.

Andrew mengatakan, "Tiap konsumen memiliki prilaku yang berbeda untuk tiap pasar yang spesifik, oleh karena itu melokalkan produk menjadi esensi yang penting dalam menciptakan pertumbuhan untuk perusahaan. Dengan melokalkan produk, dapat meningkatkan ikatan yang terjalin dengan konsumen hingga 6 kali lebih baik."

Untuk pasar Indonesia sendiri, Andrew menyebutkan, setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan perusahaan saat ingin melokalkan produknya di sini.

1. Know Your Audiens

Tiap pasar memiliki behavior konsumen yang berbeda dan untuk melakukan perluasan wilayah jangkauan bisnis, Anda harus tahu siapa yang Anda hadapi. Ketika memperluas wilayah bisnis, Anda harus memahami perbedaan behavior tersebut. Cara paling mudah adalah dengan mendengarkan apa yang mereka mau. "Dengarkan konsumen Anda, maka Anda akan lebih memahami apa yang mereka mau dari Anda," ujar Andrew.

2. Strong Local Team

Selain mendengar apa yang konsumen inginkan, Anda juga harus memiliki team yang kuat ketika melakukan perluasan pasar. Tapi, tim yang Anda bawa dari tempat perusahaan Anda berasal belum tentu dapat memahami apa yang pasar mau, karena bisa saja terhambat oleh berbagai faktor seperti bahasa dan juga kultur budaya yang berbeda.

Andrew mengatakan, "Dengan membentuk tim lokal yang kuat, Anda dapat memahami pasar lebih cepat. Karena mereka memiliki pemahaman akan budaya lokal jauh lebih baik. Apalagi di Indonesia, masyarakat di sini lebih senang ketika Anda melokalkan produk Anda."

3. Time and Planning

Lebih lanjut, Andrew juga mengungkapkan bahwa Anda harus memiliki rencana dan juga memperhatikan waktu ketika ingin melokalkan produk Anda. "Time and planning di sini adalah tentang persiapan Anda dan memilih waktu yang tepat untuk memasuki pasar. Anda tak bisa sembarangan saja memasuki pasar, karena itu jutsru dapat menghancurkan bisnis Anda," ujarnya

4. Find a Local Partner

Poin keempat yang harus diperhatikan saat memasuki pasar Indonesia menurut Andrew adalah mencari rekan lokal yang dapat di ajak kerja sama. Meskipun demikian, Andrew juga menyatkan bahwa untuk mencari rekan kerja lokal di Indonesia cukup rumit. "Mencari rekan kerja lokal yang kuat bisa menjadi elemen penting bagi perusahaan Anda untuk memahami pasar Indonesia lebih baik lagi," ujar Andrew.

5. Be Part of Ecosystem

Terakhir, Andrew menyampaikan bahwa Anda harus dapat menjadi bagian dari ekosistem yang ada. "Anda akan dapat bertumbuh lebih cepat jika Anda telah menjadi bagian dari ekosistem yang sudah ada di sini, karena Indoenesia sedang berada dalam masa pertumbuhan" ujarnya.

Meskipun demikian, Andrew juga menekankan bahwa melokalkan produk untuk pasar yang spesifik bukanlah kunci utama dalam meraih kesuksesan untuk perusahaan, tapi merupakan esensi terpenting dalam mengeksekusi produk dari perusahaan agar dapat terus tumbuh.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again