Tertarik Bisnis Frozen Food? Ini Perhitungan Modal Usahanya!

Penasaran berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis frozen food? Simak selengkapnya di sini!

Frozen food merupakan salah satu alternatif makanan instan yang praktis untuk dimasak, namun tetap memiliki cita rasa lezat dan bergizi tinggi. Cukup dimasak, seperti digoreng atau dikukus sebentar saja, olahan frozen food siap disantap.

Yang termasuk dalam kategori frozen food yakni berbagai macam olahan daging sapi, ayam, dan seafood, seperti nugget, sosis, bakso, tempura, otak-otak, dimsum, lalu kentang goreng beku, risol, kebab, dan produk sejenisnya. Pada dasarnya, aneka makanan olahan yang telah diawetkan dengan cara dibekukan dapat digolongkan dalam kategori frozen food.

Lantas, berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis frozen food?

Perhitungan Modal

Image by ElasticComputeFarm from Pixabay

Untuk memulai bisnis frozen food, pada dasarnya tidak ada perhitungan modal yang paten. Dengan kata lain, Anda bisa menyesuaikan seberapa banyak stok produk Anda dengan modal yang Anda miliki.

Semakin banyak jenis makanan dan stok produk Anda, maka Anda membutuhkan freezer dan energi listrik yang lebih besar. Otomatis, modal yang Anda butuhkan juga tidak sedikit.

Namun, bila modal Anda tidak terlalu besar, atau Anda ingin cek ombak sebelum mengeluarkan modal besar, alangkah baiknya Anda memulai dari stok yang sedikit. Dengan begitu, Anda hanya memerlukan satu kulkas atau freezer saja yang tentunya akan sangat menghemat modal. Selain itu, Anda bisa memulai dengan berjualan di rumah agar tidak mengeluarkan biaya sewa tempat dan karyawan.

Sebagai permulaan, Anda juga tidak perlu membuat frozen food sendiri, lebih baik menjadi reseller dari produk frozen food yang sudah laris di pasaran. Selain lebih dipercaya masyarakat, Anda juga tidak perlu mengurus sertifikat izin PIRT.

Nah, selanjutnya akan dibahas mengenai rincian modal bisnis frozen food. Perlu diingat, harga di bawah hanya berupa estimasi, Anda bisa menemukan harga yang lebih rendah ataupun lebih tinggi di pasaran.

Biaya Peralatan

  • Chest freezer 200 liter: Rp2.000.000,-
  • Banner 1 buah: Rp50.000,-
  • Meja 1 buah: Rp300.000,-
  • Kursi 1 buah: Rp200.000,-
  • Peralatan lainnya: Rp200.000,-

Total: Rp2.750.000,-

Biaya Operasional (Per Bulan)

  • Sosis sapi 20pcs: Rp700.000,-
  • Sosis ayam 20pcs: Rp600.000,-
  • Bakso sapi 20pcs: Rp800.000,-
  • Aneka nugget dan olahan ayam 40pcs: Rp2.000.000,-
  • Aneka olahan seafood 100pcs: Rp2.300.000,-
  • Kentang goreng beku 10pcs: Rp200.000,-
  • Bapao frozen 10pcs: Rp150.000
  • Listrik dan air: Rp300.000,-
  • Plastik kemasan: Rp100.000,-

Total: Rp7.150.000,-

Total Biaya Peralatan dan Biaya Operasional

Rp9.900.000,-

Itulah tadi perhitungan modal untuk memulai bisnis frozen food sederhana tanpa sewa tempat dan sewa karyawan. Hanya dengan modal kurang dari sepuluh juta rupiah saja, Anda sudah bisa membuka bisnis frozen food.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, angka di atas merupakan estimasi dan dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan Anda. Bila daftar produk di atas dirasa kurang mencukupi, maka Anda dapat menambah varian produk atau jumlah stok selama kapasitas freezer memadai.

Begitu pula sebaliknya, bila daftar produk di atas dirasa terlalu banyak untuk dijual dalam satu bulan pertama, maka bisa disesuaikan kembali sesuai dengan analisis pribadi Anda.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again