Perkaya Fitur Graph Search, Facebook Tambah Pencarian Post dan Status

Tak berselang lama setelah mengumumkan fitur Edit Post, Facebook kembali menambahkan fitur baru kali ini untuk produk Facebook Graph Search.

Melalui halaman Newsroom resmi mereka, Facebook resmi memperkenalkan fitur terbaru untuk tool Graph Search berupa hasil pencarian post dan status.

Graph Search sendiri mulai diperkenalkan oleh Facebook Januari lalu, saat itu masih dalam tahap percobaan dengan fitur yang terbatas pada hasil pencarian people, photos, places dan interest. Secara bertahap fitur Graph Search kini sudah menjadi produk yang sangat membantu pengguna Facebook untuk menemukan apa yang dicari secara akurat.

Fitur ini membutuhkan frasa atau lebih mudah disebut kata kunci tertentu yang sudah disesuaikan dengan algoritma Facebook sehingga menampilkan hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang digunakan. Sebenarnya saya sangat ingin mencoba langsung fitur ini agar ilustrasi yang saya berikan lebih mudah dipahami, tapi saya harus sedikit kecewa ternyata fitur ini belum bisa saya gunakan, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dicoba. Oke, tak mengapa, saya akan gunakan ilustrasi yang diberikan oleh Facebook.

Untuk mencari topik yang menurut Anda menarik, Anda bisa menggunakan frasa sesuai kata kunci yang Anda inginkan atau bisa dengan menambahkan frasa 'Post about kata kunciby my friends' misalnya 'Posts about Dancing with the Stars by my friends'. Maka hasilnya akan seperti ini:

Dan untuk menemukan post tentang event di kota atau tempat tertentu, frasa berikut ini bisa digunakan 'Posts written at The White House'.

Sementara untuk mencari post atau status terdahulu yang pernah Anda share, gunakan frasa 'My posts from last year', atau jika ingin melihat post di mana Anda pernah berkomentar dengan frasa 'Posts I commented on'.

Fitur ini diterapkan masih dengan mempertimbangkan kebijakan privasi yang juga diadopsi oleh fitur-fitur Graph Search sebelumnya. Dalam pengumumannya Facebook juga menuliskan bahwa fitur ini akan tersedia secara bertahap dan akan terus dikembangkan sesuai respon pengguna.