1. Startup

Perkuat Strategi Digital, Portal AXA Life Kini Jual Polis Online

Merilis produk asuransi khusus penjualan online, targetkan kontribusi premi dari jalur distribusi ini mencapai 20% sepanjang 2017

Untuk meningkatkan pendapatan premi, PT AXA Life Indonesia mulai mantap perlahan-lahan melakukan transformasi bisnis ke arah digital. AXA Life merupakan bagian dari Grup AXA yang khusus berjualan asuransi lewat jalur telemarketing dan digital.

Sejak dua tahun lalu AXA Life meluncurkan portal khusus untuk mengembangkan layanan asuransi digital, yakni AXA Direct. Hanya saja saat pertama kali didirikan baru didesain untuk pelayanan asuransi dengan jalur digital satu pintu, untuk e-policy, e-claim, e-buy dan live chat.

Sales and Business Development Director AXA Life Indonesia Yanti Parapat menjelaskan keputusan perusahaan untuk meng-upgrade portal AXA Direct terlihat dari pesatnya jumlah pengguna internet di Indonesia. Dari segi profil pekerjaan, kebanyakan dari mereka berusia 22-45 tahun, bekerja sebagai wirausahawan, profesional, traveler, gemar belanja online, dan berasal dari keluarga urban.

"Untuk menyasar kalangan tersebut, jadi alasan kami untuk mulai transformasi secara penuh ke digital. Tiap tahun kami jadi rutin investasi untuk peningkatan kualitas portal AXA Direct dan tahun ini memutuskan untuk mulai berjualan polis secara online," katanya, Selasa (31/1).

AXA Life meluncurkan produk asuransi khusus yang dijual secara online yakni Klik Proteksi. Ada enam manfaat perlindungan yang bisa dipilih nasabah, Klik Proteksi Sehat, Klik Proteksi Kanker, Klik Proteksi Jiwa, Klik Proteksi Jantung & Stroke, Klik Proteksi Diri, serta Klik Proteksi Diri Plus.

Nasabah dapat memilih dan mengatur manfaat perlindungan yang diinginkan sesuai anggaran yang dimiliki. Untuk pembayaran premi, sementara ini perusahaan baru menyediakan opsi pilihan lewat kartu kredit. Harga premi per manfaat di mulai dari Rp13 ribu dengan maksimal pertanggungan Rp1 miliar.

Yanti berharap dengan mulai menjajal ranah digital, pihaknya dapat mendorong kontribusi dari jalur ini sebesar 20% terhadap total premi. Selama ini, perusahaan selalu mengandalkan jalur telemarketing sebagai kontributor utama premi.

Adapun perolehan premi AXA Life hingga kuartal III 2016 sebesar Rp142 miliar, tumbuh 40% secara year-on-year (yoy). Adapun total nasabah aktif AXA Life sekitar 70 ribu dan 90% di antaranya sudah memanfaatkan layanan digital AXA Direct untuk kebutuhan administrasi polis dan klaim.

Pihaknya akan kian gencar memasarkan produk asuransi online dengan bekerja sama dengan berbagai perusahaan digital lainnya, seperti Blibli dan Agoda. Dalam waktu dekat, AXA Life akan menambah produk asuransi digital lainnya dan berencana meluncurkan aplikasi mobile dalam waktu dekat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again