1. Startup

Perluas Cakupan Bisnis, Game Lokal Tales Of Marble Kini Hadir di Windows Phone

Geliat industri mobile game lokal tak pernah habis. Lewat ajang Mobile Game Developer War 5 (MGDW5) yang digelar Oktober 2013 lalu, banyak game yang dihasilkan berhasil berkembang pesat saat ini. Seperti pada game Tales Of Marble yang kemarin menang dalam kategori Puzzle & Trivia dari MGDW5, baru saja dirilis pada platform Windows Phone. Selain dari gameplay-nya, Tales Of Marble juga punya daya tarik dari segi bisnis lewat in-app purchase.

Dikembangkan oleh game developer lokal TheWALi Studio, setelah hadir di Android dan Nokia, Tales Of Marble kini telah tersedia di Windows Phone dan dapat diunduh secara gratis.

Tales Of Marble merupakan permainan sederhana. Seperti yang tertera dalam siaran persnya, Tales Of Marble mengambil tema dari permainan tradisional Indonesia yakni kelereng. Dengan gameplay yang sangat mirip dengan Angry Birds, pemain tentu dapat dengan mudah mengadaptasi permainan Tales Of Marble.

Bagaimana dengan sisi bisnisnya? Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Tales Of Marble menyediakan in-app purchase berupa item berbayar yang dapat digunakan untuk menambah pengalaman bermain. Item berbayar yang tersedia dapat digunakan untuk mengkustomisasi permainan, hingga opsi pendukung lainnya yang membuat Tales Of Marble kian seru untuk dimainkan selagi senggang.

Dengan memanfaatkan layanan payment gateway Google Wallet (khusus versi Android), pengguna bisa memilah berbagai item dengan rentang harga mulai dari Rp 12.000 hingga sekitar Rp 80.000 untuk item yang paling mahal. Item yang ditawarkan dalam Tales Of Marble sangat banyak, maka dari itu sah-sah saja jika pengembangnya cukup serius dalam menggarap bisnis melalui game ini.

Penjualan in-app purchase merupakan satu-satunya langkah bisnis yang dilakukan oleh TheWALi Studio dalam game-nya tersebut. Sejauh saya mencobanya sendiri tidak ada satu pun banner iklan yang muncul di dalamnya. Entah akan berpotensi mengeruk uang banyak atau tidak, namun belajar dari pengalaman Sky Burner yang sama-sama merupakan game lokal, potensi bisnis yang cukup besar dari para pemain yang “belanja” pada in-app purchase akan tetap berpeluang asalkan konten yang ditawarkan menarik.

Apakah konten berbayar yang ditawarkan Tales Of Marble cukup menarik? Yang menentukan menarik atau tidaknya tentu lah dari sisi pemain yang lebih mengerti akan minatnya, namun sebagai game casual, rasanya konten berbayar yang ditawarkan Tales Of Marble telah cukup mumpuni.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again