1. Startup

Permudah Proses Edukasi, elevenia Perbarui "Seller Zone"

Kini memiliki studio foto, zona editing, ruang meeting, dan training berlokasi di lobi gedung AIA Central, Jakarta

Marketplace patungan XL Axiata dan SK Planet, elevenia, melakukan pembaruan fasilitas Seller Zone guna mempermudah proses edukasi kepada para mitra seller. Pembaruan dilakukan mengingat semakin berkembangnya penjualan dan jumlah seller di elevenia. Pihak elevenia enggan merinci investasi yang dikucurkan untuk pembaruan ini.

Seller Zone adalah fasilitas edukasi yang bisa dimanfaatkan seller elevenia untuk belajar gratis segala sesuatu tentang dunia online, membuat konten, belajar fotografi, hingga pemasarannya.

Dalam pembaruan, elevenia memperluas area training room dan mengubah desainnya menjadi theatre style berkapasitas 40 kursi, menambah jumlah ruangan meeting agar mitra seller dapat terakomodasi saat melakukan meeting. Serta, menyediakan tiga ruang foto dengan perbedaan fungsi.

Sebenarnya, sejak elevenia didirikan pada 2014 telah menyediakan fasilitas Seller Zone yang berada di tiga titik lokasi, yakni Mangga Dua, Tanah Abang, dan kantor pusat elevenia. Seiring berjalannya waktu, perusahaan melakukan beberapa pertimbangan dengan menutup Seller Zone yang berada di Mangga Dua, sementara yang berada di Tanah Abang akan dilakukan relokasi.

"Seller Zone menjadi ruang untuk tim elevenia bisa bertatap langsung dengan mitra seller. Semua fasilitas ini bisa digunakan sesuai jam operasional kantor. Mitra seller cukup melakukan pemesanan jadwal melalui Seller Office," terang GM Seller Development elevenia Syahrivan, Jumat (7/4).

Menurutnya, dengan adanya fasilitas ini tujuan perusahaan yang ingin mengedukasi pasar mengenai bisnis e-commerce bisa tercapai dan terus meningkat. Dikutip dari data BPS, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mencapai 26,2 juta pada medio 2016, sementara dari segi persentase pertumbuhannya mencapai 17% dalam kurun waktu 2006 hingga 2016.

Kendati demikian, model bisnis di industri ini masih memerlukan edukasi secara intensif ke market karena masih banyak pelaku usaha offline yang belum terjangkau oleh bisnis online. Pola edukasi dengan mendirikan Seller Zone atau mengadakan workshop dinilai lebih tepat sebagai cara perusahaan mendekatkan diri dengan mitra seller atau calon seller.

Selain mengadakan kelas offline, elevenia juga menyediakan online training untuk menjangkau seluruh mitra seller yang berlokasi jauh dari Seller Zone.

Saat ini elevenia telah memiliki 50 ribu mitra seller aktif, sekitar 10% di antaranya adalah mitra seller dari luar negeri. Adapun jumlah pengguna terdaftar lebih dari 5 juta orang, dengan tingkat pengguna aktif sekitar 90%.

Dari segi rata-rata kunjungan, elevenia mendapat 60 juta kunjungan dan membukukan sebanyak 45 ribu transaksi per hari. Sekitar 20-30% dari total transaksi, dikontribusikan oleh produk voucher.

Pada tahun ini, elevenia akan menggarap segmen cash on delivery (CoD) sebagai alternatif solusi pembayaran. Sebelumnya, elevenia hanya menyediakan escrow system.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again