Adira Finance, perusahaan pembiayaan anak usaha Bank Danamon, menggandeng OLX Indonesia dan Cermati untuk mempermudah penyaluran kredit dalam transaksi penjualan mobil dan motor bekas. Kerja sama ini sekaligus menandakan salah satu upaya Adira Finance dalam memperluas channel marketing demi meningkatkan layanan kepada konsumen di era digital.

Dalam prosesnya, Cermati selaku mitra fintech membangun teknologi di dalam platform OLX berupa kalkulator simulasi kredit untuk memberikan gambaran kepada calon pembeli. Dari sana, pembeli dapat menerima gambaran mengenai uang muka (DP), cicilan yang diperlukan hingga tenornya.

Ketika penjual dan pembeli sudah sepakat, Cermati akan menjembatani transaksi tersebut dengan konfirmasi ke pihak penjual melalui SMS hingga ketersediaan data calon nasabah untuk ditindaklanjuti oleh Adira.

“Lewat kerja sama ini kami membuka kemudahan pemrosesan kredit untuk konsumen Adira, serta mendongkrak sinergi dengan kedua perusahaan yang dapat menggiring ke arah peningkatan bisnis,” Direktur SDM dan Marketing Adira Finance Swandajani Gunadi, Rabu (12/4).

Direktur Sales & Distribution Adira Finance Hafid Hadeli menambahkan kerja sama dengan perusahaan teknologi merupakan pertama kalinya dilakukan perusahaan. Selama ini, perusahaan masih mengandalkan channel marketing dari diler sebagai punggung utama penyaluran kredit.

Menurutnya, OLX sebagai pemain iklan baris terbesar memiliki nilai tambah yang sangat baik untuk disinergikan dengan perusahaan. Pasalnya, sekitar 50%-70% pembelian kendaraan menggunakan lewat skema pengajuan kredit.

CEO OLX Indonesia Daniel Tumiwa mengatakan, “Kerja sama ini sekaligus memperkuat posisi OLX sebagai platform iklan baris online terbesar di Indonesia. Tugas kami adalah mendorong pengguna untuk menjual barang dan membantu cepat laku terjual, salah satunya direalisasikan lewat kerja sama eksklusif ini.”

Dia mengklaim OLX mampu menyukseskan penjualan 250 ribu unit mobil dan 210 ribu motor bekas setiap bulannya.

Lewat kerja sama ini, baik OLX maupun Cermati akan mendapat komisi dari Adira Finance dari setiap pengajuan aplikasi kredit yang disetujui. Akan tetapi, Daniel enggan merinci persentase komisi yang diperoleh.

Swandajani melanjutkan proses pengajuan aplikasi sama halnya ketika calon debitur datang ke diler Adira Finance. Hanya saja yang berbeda, kini menggunakan sistem online. Setelah aplikasi disetujui oleh Adira, perwakilan dari perusahaan akan melakukan survei ke lokasi pembeli dan penjual untuk studi kelayakan. Selanjutnya, proses kredit akan dicairkan lewat gerai Adira.

Pihaknya menjamin, apabila seluruh kelengkapan dokumen lengkap dan sesuai dengan ketentuan maka kredit akan cair dalam waktu 2×24 jam. Adapun jenis kendaraan yang hanya bisa dibiayai Adira Finance, maksimal tahun produksinya adalah 2003.

Adira Finance menargetkan lewat kerja sama ini dapat menyalurkan kredit baru untuk 3 ribu unit motor dan 2 ribu unit mobil sepanjang enam bulan ke depan.