1. Startup

Persentase Pengguna Internet Tertinggi ada di Sulawesi

APJII: Total pengguna Internet di Indonesia per akhir tahun 2014 mencapai 88,1 juta

Meskipun tak bisa dipungkiri bahwa Pulau Jawa dan Bali adalah kawasan padat penduduk, yang dengan sendirinya menjadi tolak ukur demografi untuk berbagai metrik, ternyata persentase pengguna Internet tertinggi, yang dibandingkan total populasi. bukan berada di kawasan ini. Pulau Sulawesi saat ini memiliki persentase pengguna Internet tertinggi di Indonesia.

Seperti dikutip dari Liputan 6, Ketua APJII Semmy Pangerapan mengungkapkan bahwa Pulau Sulawesi memiliki persentase penetrasi Internet tertinggi di antara pulau-pulau besar di Indonesia, dengan angka 39%. "Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua sebesar 35%, sementara Pulau Jawa dan Bali sebesar 35% serta Sumatera sebesar 34% dan Kalimantan sebesar 28%," ungkapnya dalam acara diskusi "Indonesia Timur Lebih Butuh Broadband".

Tak hanya soal persentase, Semmy menambahkan bahwa masyarakat wilayah Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Papua mengalahkan masyarakat Pulau Jawa dan Bali soal durasi mengakses Internet.

Fakta-fakta tersebut diberikan untuk mendukung argumen bahwa tidak cuma masyarakat di Pulau Jawa dan Bali saja yang ingin menikmati Internet berkecepatan tinggi. Geliat penggunaan Internet di kawasan timur Indonesia memang tidak bisa dipungkiri. Beberapa tahun yang lalu, sebuah layanan penyedia voucher game online menyebutkan bahwa Makassar adalah kota dengan aktivitas game online tertinggi di Indonesia. Belum lagi pemanfaatan industri e-commerce untuk mempermudah penduduk di kota-kota di kawasan Timur Indonesia memperoleh barang-barang yang selama ini sulit distribusinya.

Riset APJII dan Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia (Puskakom UI) menemukan bahwa jumlah pengguna Internet di Indonesia mencapai angka 88,1 juta, atau naik 23% ketimbang tahun sebelumnya. Dari angka tersebut, 52 juta atau 59% bertempat tinggal di Pulau Jawa dan Bali.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again