1. DScovery

Personal Branding: Pengertian, Manfaat dan Tips Membangunnya

Personal branding adalah strategi yang digunakan seseorang untuk menonjolkan ciri khas dan citra terbaik dari dirinya.

Setiap orang pasti memiliki kelebihan, keunikan, atau hasil pencapaian yang ingin ditunjukkan kepada orang lain. Beberapa hal tersebut ternyata dapat digunakan untuk membentuk personal branding seseorang.

Dalam era digital ini, personal branding tidak hanya bermanfaat bagi para influencer yang berkarir di media sosial saja. Kenyataannya, personal branding juga sangat berpengaruh bagi untuk jenjang karir seseorang di masa depan.

Lantas, apa itu personal branding dan mengapa hal ini penting untuk diperhatikan dalam pengembangan karir? Simak jawaban lengkapnya dalam artikel berikut!

Apa Itu Personal Branding?

Personal branding adalah sebuah strategi untuk membentuk citra diri sendiri. Dengan personal branding, seseorang dapat menampilkan keunikan dan ciri khas dari dirinya. Selain itu, personal branding juga bertujuan untuk menonjolkan prestasi atau pencapaian yang dimilikinya.

Personal branding juga dapat memengaruhi persepsi seseorang yang dibentuk olehmu terhadap dirimu. Kamu juga bisa membangun personal branding-mu sendiri secara sengaja dengan menonjolkan keunikan dirimu yang tidak dimiliki orang lain secara konsisten.

Manfaat Personal Branding

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, personal branding dapat memengaruhi persepsi seseorang terhadap dirimu, Tujuannya adalah untuk memikat dan meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap dirimu. Selain itu, personal branding juga memiliki beberapa manfaat lain, di antaranya:

Mengembangkan Kepercayaan Orang Lain

Salah satu manfaat utama dari personal branding adalah untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Dengan hal ini, orang lain akan merasa lebih nyaman dan percaya padamu meskipun belum mengenalmu secara langsung.

Membangun Kredibilitas Diri

Personal branding juga bermanfaat untuk membangun kredibilitas diri. Dengan personal branding yang bagus, kredibilitas diri juga akan ikut meningkat.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Selain kredibilitas diri, personal branding juga bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri. Dengan rasa percaya diri yang meningkat, kamu akan menjadi lebih semangat dan termotivasi untuk melakukan sesuatu.

Memperluas Koneksi

Personal branding juga dapat digunakan untuk memperluas koneksi. Pasalnya, dengan citra diri yang baik, kamu bisa meningktkan exposure dengan mudah. Personal branding yang baik juga dapat membuat orang lain menjadi lebih tertarik untuk mengenalmu.

Menunjukkan Diri secara Apa Adanya

Terakhir, personal branding digunakan untuk menunjukkan diri secara apa adanya. Meski personal branding dapat dibangun secara sengaja, namun citra diri yang ditunjukkan secara otentik tentu jauh lebih menarik dibandingkan citra diri palsu yang dibuat-buat.

Tips Membangun Personal Branding

Apabila kamu mulai tertarik untuk membangun personal branding-mu, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut.

Mulailah dengan Mengenal Dirimu Sendiri

Hal paling awal yang harus dilakukan untuk membangun personal branding adalah dengan mengenal dirimu sendiri. Caranya, kamu bisa mulai mencari tahu siapa dirimu, apa kelebihan dan keunikanmu, apa motivasimu, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa meminta teman, pasangan, atau keluarga untuk menggambarkan dirimu. Dengan mengenal diri sendiri, kamu dapat menentukan tujuan dan mengambil keputusan yang tepat dengan lebih mudah.

Tentukan Tujuanmu

Apabila kamu sudah mengenal dirimu sendiri, maka kamu akan jauh lebih mudah menentukan tujuanmu selanjutnya. Dalam hal ini, kamu bisa menentukan tujuanmu dengan cara mencari tahu apa saja yang memotivasimu dan bagaimana kamu ingin dikenal oleh orang lain. Jika hal tersebut sudah jelas, maka kamu bisa membangun citra yang sesuai dengan tujuan tersebut.

Tonjolkan Keunikan Dirimu

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing. Untuk membangun personal branding yang sukses, kamu bisa mulai menonjolkan hal-hal unik yang kamu miliki. Dengan ciri khas tersebut, orang lain akan lebih mudah mengingatmu dan mengenalimu.

Sesuaikan Style yang Kamu Inginkan

Jika kamu sudah menentukan tujuan dan bidang yang ingin kamu geluti, maka langkah selanjutnya adalah dengan menyesuaikan style yang kamu inginkan dengan kedua hal tersebut. Kamu juga bisa memaksimalkan hal ini dengan mengamati sikap atau pemikiran dari seseorang yang profesional di bidang yang kamu geluti sebagai referensi.

Jaga Reputasi dan Konsistensi

Salah satu kunci utama dari membangun personal branding yang sukses adalah dengan menjaga reputasi dan konsistensi. Dengan reputasi yang baik, orang lain akan lebih mudah mengenalimu sebagai seseorang yang memiliki citra baik. Sementara konsistensi harus dilakukan agar citra yang kamu miliki tidak hilang atau berubah.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai personal branding. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk mulai membangun personal branding-mu sendiri?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again