Menakar Pertumbuhan Aplikasi Perbankan dan Fintech di Balik Percepatan Transformasi Digital
Pandemi jadi salah satu faktor pendorong akselerasi untuk membuka peluang baru
Masa pandemi telah terbukti menjadi faktor terjadinya percepatan transformasi digital di berbagai bidang, termasuk sektor keuangan dan perbankan. Hal ini membuat peningkatan penggunaan aplikasi seluler pada sektor tersebut menjadi sesuatu yang tak terhindarkan. Terbatasnya interaksi secara langsung dengan konsumen menjadi peluang baru yang dimanfaatkan oleh para penyedia layanan.
Meskipun selama beberapa tahun terakhir sektor keuangan dan perbankan terdisrupsi dengan hadirnya berbagai inovasi digital baru, masa pandemi ini justru yang menjadi katalis percepatan transformasi para pelaku sektor ini dalam menyediakan akses produk dan layanannya.
Faktornya pun datang dari berbagai arah. Mulai dari meningkatnya transaksi e-commerce, penerimaan konsumen terhadap produk digital, peningkatan investasi dalam infrastruktur teknologi oleh bank besar, serta meningkatnya relevansi konsumen bagi kelompok yang lahir di era digital. Melalui artikel ini, kami akan memberikan informasi terkait peningkatan penggunaan aplikasi perbankan dan fintech secara global yang dirangkum dari Adjust’s Mobile Finance Report 2020.
Meningkatnya Penggunaan Aplikasi untuk Kegiatan Perbankan
Dampak pandemi terhadap aktivitas penggunaan aplikasi perbankan tidak bisa dianggap remeh. Aktivitas transaksi secara fisik yang dibatasi membuat banyak pelanggan melakukan kegiatan perbankan dari rumah. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan pesat pada jumlah sesi dalam aplikasi perbankan selama setengah tahun pertama di tahun 2020 ini. Dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya, terjadi peningkatan sesi sebanyak 26% di tingkat global. Dua negara yang menunjukkan peningkatan paling signifikan adalah Jepang dan Turki, di mana terjadi peningkatan sesi sebesar 133% dan 119% oleh pelanggan di dua negara tersebut.
Dampak pandemi terhadap aktivitas penggunaan aplikasi perbankan tidak bisa dianggap remeh. Aktivitas transaksi secara fisik yang dibatasi membuat banyak pelanggan melakukan kegiatan perbankan dari rumah. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan pesat pada jumlah sesi dalam aplikasi perbankan selama setengah tahun pertama di tahun 2020 ini. Dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya, terjadi peningkatan sesi sebanyak 26% di tingkat global. Dua negara yang menunjukkan peningkatan paling signifikan adalah Jepang dan Turki, di mana terjadi peningkatan sesi sebesar 133% dan 119% oleh pelanggan di dua negara tersebut.
Selain terjadi peningkatan sesi penggunaan, masa pandemi juga mendorong adanya pertumbuhan jumlah unduhan aplikasi perbankan, terutama di negara-negara berkembang. Dibandingkan negara-negara maju, banyaknya pengguna yang belum memiliki rekening bank membuat jumlah instalasi aplikasi perbankan di negara-negara berkembang meningkat secara pesat.
Dari data tersebut, dapat dilihat bahwa layanan perbankan secara digital semakin diminati dan dibutuhkan oleh pelanggan karena keterbatasan yang terjadi selama masa pandemi ini. Selain jumlah unduhan yang meningkat, pengguna juga menghabiskan lebih banyak waktu untuk menggunakan aplikasi perbankan.
Kategori Pembayaran dan Investasi Ikut Mengalami Pertumbuhan
Selain sektor perbankan, pertumbuhan pesat juga ikut dialami penyedia layanan keuangan berbasis teknologi atau fintech. Pertumbuhan ini khususnya dialami oleh platform pembayaran dan investasi. Berdasarkan data Adjust, terlihat adanya peningkatan sesi dalam aplikasi pembayaran sebesar 49% pada paruh pertama tahun ini bila dibandingkan dengan paruh pertama tahun lalu. Pertumbuhan paling besar dicapai oleh Jepang (75%) dan juga Jerman (45%).
Kategori fintech lainnya yang turut mengalami peningkatan adalah platform investasi. Dibandingkan kategori aplikasi keuangan lainnya, kategori investasi menunjukkan kinerja yang cukup baik. Berdasarkan data Adjust, ada pertumbuhan yang luar biasa dari jumlah instalasi serta peningkatan yang cukup pesat dari sesi penggunaan aplikasi. Tercatat ada pertumbuhan sebesar 88,14% dalam jumlah sesi rata-rata per hari pada paruh pertama tahun ini.
Secara umum, bila membandingkan kinerja paruh tahun ini dengan tahun 2020, jumlah sesi di tingkat global untuk aplikasi perbankan dan aplikasi pembayaran memiliki peningkatan sebesar 26%. Meski semua negara mengalami pertumbuhan, ada beberapa negara yang tampak menonjol seperti Jepang yang mengalami peningkatan sebesar 142% dan Jerman yang dengan pertumbuhan sebesar 40%.
Data pertumbuhan di atas dapat dijadikan benchmark bagi para pelaku industri keuangan, terutama dalam memperhatikan atribusi penting yang diperlukan sebagai landasan strategi pemasaran ke depannya. Pertumbuhan ini juga dapat memperlihatkan potensi-potensi baru terkait layanan keuangan dan perbankan yang dilakukan secara digital kepada konsumen.
Anda juga dapat mengetahui lebih lanjut terkait laporan pertumbuhan aplikasi perbankan dan layanan keuangan ini melalui Adjust’s Mobile Finance Report 2020 yang dapat diunduh lewat tautan berikut ini.
Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh Adjust.
Sign up for our
newsletter