1. Startup

Perumnas Gandeng Anak Perusahaan Kresna Jajaki Solusi Pembayaran Digital

Mempermudah penghuni rusunawa dan pihak Perumnas dalam hal pembayaran dan administrasinya

Metode pembayaran digital adalah salah satu sektor yang banyak dieksplorasi oleh beberapa pihak demi kenyamanan penggunanya. Semakin beragam dan mudah metode pembayaran bisa berdampak pada loyalitas dan ketepatan pembayaran tagihan pengguna. Perumnas baru-baru ini menjalin kerja sama dengan PT Digital Artha Media (DAM), salah satu anak perusahaan dari PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN) dalam hal solusi pembayaran digital. Kerja sama ini nantinya akan memungkinkan para penghuni rumah susun atau rusunawa untuk bisa membayar tagihan sewa, maintenance, air dan listrik bulanan, dan jaminan deposito sewa secara digital.

Dalam kerja sama DAM dan Perumnas, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), yang juga pemegang saham DAM akan berperan aktif dalam penyediaan dukungan penuh dari sisi infrastruktur, termasuk jangkauan dan jaringan fisik maupun elektronik.

Dijelaskan Chief Strategy Officer DAM Jahja Suryandy saat ini pihaknya telah mengembangkan sebuah platform Merchant Transfer Payment (MTP) untuk perumnas. Platform inilah nantinya yang akan menjadi cara alternatif untuk mempermudah transaksi pembayaran rusunawa.

"Berkat MTP para penghuni rusunawa dapat membayar tagihan sewa, maintenance, air dan listrik bulanan, serta jaminan deposito sewa mereka, ke semuanya dapat dilakukan dengan cara transfer dari bank mana pun, hanya dengan menggunakan nomor mobile phone yang berperan sebagai nomor rekening tujuan," ujarnya seperti dilansir dari Indotelko.

Sementara itu Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia Perumnas Hakiki Sudrajat menjelaskan bahwa dengan adanya kerja sama ini pihak Perumnas akan mendapat keuntungan karena platform MTP dapat mengatasi berbagai masalah administrasi yang sering ditimbulkan oleh metode pembayaran tunai terutama dalam hal melakukan rekonsiliasi dan verifikasi pembayaran.

Untuk informasi Perumnas bukan satu-satunya pihak yang menggandeng DAM dalam hal pembayaran digital. Dari penuturan DAM Indra Surayawan Sinar Mas Land adalah pihak lain yang juga menggandeng DAM dalam hal teknologi elektronik.

"Dalam pengembangan e-commerce atau e-Cash, kami sudah melakukan kerja sama dengan Sinar Mas Land dan Perumnas. Untuk yang Sinar Mas Land itu akan direalisasikan bulan Juli, dan Perumnas pada bulan Agustusnya. Ini baru awal, setelah ini bakal ada lagi puluhan perusahaan yang bakal bekerja sama dengan kami," ujar Indra.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again