1. Startup

PesanDulu.com: Marketplace Untuk Jual Beli Produk Dengan Sistem Pre-order

Saya memang tidak terlalu sering 'bermain' di Kaskus, biasanya mampir ke sana hanya untuk mencari barang untuk dibeli atau lagi semacam window shopping jenis produk/barang tertentu.

Di lapak Kaskus sering juga muncul produk dengan sistem pre-order, dimana pembeli bisa melakukan pemesanan atas produk/barang tertentu, kemudian produk tersebut dibuat/dibeli, nantinya setelah produk/barang tersedia maka pembeli bisa mendapatkan produk tersebut. Biasanya pembayaran dilakukan di depan, biasanya ini dilakukan sehingga penjual bisa memproduksi/membeli barang yang dipesan.

Namun biasanya kita harus melihat satu-persatu atau menggunakan kolom pencarian untuk mencari berbagai penjual dengan sistem ini. Namun Anda kini bisa melihat berbagai penjual dengan sistem pre-order dalam satu tempat - marketplace, di PesanDulu.com.

PesanDulu adalah sebuah layanan yang menyediakan marketplace bagi proses jual beli dengan sistem pre-order. Layanan ini mengutamakan kemudahan dalam bertransaksi. Di PesanDulu, penjual tidak dikenakan biaya untuk membuka toko online mereka.

Penjual bisa mengatur bagaimana proses pemesanan, pembuatan produk termasuk dari tengat waktu dari proses pre-order, proses pembuatan sampai dengan pengiriman. Penjual juga memiliki nama toko sendiri agar lebih dikenal misalnya 'http://namatoko.pesandulu.com', mereka juga bisa membuat toko online dan halaman pribadi, termasuk pages manager untuk menambahkan keterangan produk, rekening dan info lain. Pembeli bisa mencari berbagai barang, melihat foto produk, melakukan order atau membata komentar atas produk (yang terakhir ini masih cukup jarang).

Tampilan dan desain dari situs ini, bagi saya cukup nyaman, beberapa elemen desain yang juga tampak menarik, kolom pencarian juga cukup lengkap dengan pilihan kategori, rentang harga dan mode pengurutan nama produk.

Sejauh pengataman saya, produk/barang yang ada didominasi 'produk gaya artis Korea', produk KW, produk berkaitan dengan sepak bola dan replika produk. Namun ada juga beberapa produk lain yang memang akan lebih pas jika dibuat sistem pre-order seperti tas dari bahan kulit atau kaos dengan desain tertentu.

Pertanyaan yang ada di benak saya, terutama untuk barang atau produk yang mirip dengan aslinya adalah, bagaimana dengan masalah barang tiruan? Apakah berbagai produk yang pre-order itu memiliki hubungan langsung dengan produk aslinya atau memang dibuat khusus untuk menjadi mirip dengan barang aslinya?

Saya sendiri belum menemukan keterangan perihal hal ini, di halaman aturan layanan, penjual bertanggung jawab sepenuhnya atas barang yang ditawarkan. Namun pihak PesanDulu juga memiliki wewenang untuk menghentikan atau menghapus akun jika melanggar ketentuan yang ada.

Saya sendiri berpendapat, akan lebih baik jika layanan seperti ini dimaksimalkan untuk produk yang memang membutuhkan order sebelum dibuat produknya, misalnya produk handmade atau produk eksklusif. Beberapa desainer kaos juga sering menjual karya desain mereka yang menggunakan medium kaos dengan layanan ini (pre-order). Di sisi lain, ide menyatukan produk pre-order dalam satu marketplace, bagi saya cukup menarik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again