Categories

Interview

Pets.id Hadir sebagai "One Stop Solution" untuk Kebutuhan Hewan

Selain marketplace, Pets juga menyediakan produk IoT dan asuransi untuk binatang peliharaan

Prayogo Ryza - 17 October 2017

Hadir sebagai layanan untuk binatang peliharaan, Pets.id (selanjutnya disebut Pets) mencoba menghadirkan layanan lengkap. Tak hanya menjual kebutuhan binatang peliharaan, Pets juga menjual produk IoT (Internet of Things) yang digunakan sebagai penanda dengan passive GPS yang dapat diaktifkan melalui teknologi QR Code dan NFC. Termasuk juga asuransi untuk binatang peliharaan.

CEO Pets Edmund Carulli kepada DailySocial menceritakan, Pets memiliki visi menjadi one stop solution bagi pemilik hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kelinci, burung, dan hamster. Selain menyediakan barang yang dijual di marketplace, Pets juga menyediakan layanan-layanan untuk memanjakan dan menjaga binatang peliharaan.

"Untuk layanan kita memiliki Pet Insursance. Pertama di Indonesia. Hasil partnership dengan Asuransi Simasnet. Untuk pengembangan berikutnya kami sedang men-developon demand booking system untuk groomer, pet hotel dan klinik. Satu lagi yang kami lagi kejar adalah untuk digital konten. Kami mau app lebih interaktif dan bisa menjadi everyday app. Ke depannya kita mau ekosistem dunia pets tersambung di app kita,” terang Edmund.

Lebih jauh mengenai layanannya, marketplace Pets memiliki daftar yang menggunakan kombinasi marketplace dan inventory. Sebagian barang yang ditampilkan adalah kerja sama dengan petshop di Indonesia dengan sistem dropshipping. Petshop terpilih akan ditentukan melalui algoritma yang menghitung berdasar jarak kirim dan harga kepada pelanggannya.

“[...]petshop terpilih ditentukan dari algoritma kita yang menghitung berdasar jarak kirim dan harga kepada customer-nya. Petshop-nya tidak dimunculkan untuk. Memaksimalkan experience belanja di Pets.id. Sebagian barang terutama dog food juga kita stok di gudang kita. Hal ini juga untuk memaksimalkan kecepatan pengiriman dan margin profit. Selain itu kita juga ada produk sendiri seperti Pet Tag. Tidak menutup kemungkinan kita juga akan mengimpor brand dog food sendiri dan juga produk-produk IoT lainnya,” terang Edmund.

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna Pets juga menyediakan fitur berlangganan yang memungkinkan pengguna membeli makanan anjing atau kucing sekaligus untuk tiga kali atau enam kali dalam jangka waktu yang bisa ditentukan. Dengan demikian pengguna tidak akan pernah kehabisan stok di rumah.

Sementara itu ketika ditanya soal target dan tujuan tahun ini Edmund menjelaskan, proyek Pets masih seumur jagung. Sehingga fokus saat ini ada pada pertumbuhan dan retensi pengguna. Termasuk pengembangan fitur-fitur yang ada.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter