17 March 2016

by Bambang Winarso

Phablet Windows 10 Mobile Berlogo Lenovo Muncul di Sebuah Acara

Logo Lenovo tampak di bagian kiri atas, sementara tombol Windows terpampang di bawah layar

Sebuah perangkat phablet misterius bermerk Lenovo menggunakan sistem operasi Windows 10 Mobile tertangkap kamera sedang beraksi. Belum ada konfirmasi resmi dari Lenovo, tapi perangkat diketahui dipamerkan oleh perwakilan dari Microsoft dalam sebuah presentasi resmi.

Dari sejumlah foto yang diterbitkan, perangkat tampak mempunyai garis desain kokoh dengan rangka berbahan metal. Kita juga dapat melihat tepian perangkat yang membulat dan sebuah tombol Windows di bagian bawah layar dan logo Lenovo di bagian kiri atas. Jika melihat ukuran perangkat saat di dalam genggaman, sepertinya perangkat lebih tepat disebut sebagai tablet ketimbang phablet apalagi smartphone.

Selain informasi di atas, seperti spesifikasi jeroan meliputi prosesor, RAM, memori dan lain-lain masih belum diungkapkan.

Bagi Lenovo, platform Windows 10 Mobile adalah mainan baru, khususnya di ranah smartphone. Walaupun di masa lalu, mereka sempat dikabarkan sedang menggodok smartphone berbasis Windows 10 Mobile. Namun waktu telah membuktikan kabar itu tidak benar. Nyatanya sampai saat ini belum ada smartphone baru berbasis OS besutan Microsoft lahir dari brand Lenovo. Dan pada kenyataannya Windows tak begitu populer di Tiongkok yang notabene menjadi kawasan potensial bagi Lenovo.

Kendati demikian, dalam beberapa bulan terakhir Windows 10 mulai mendapatkan angin segar yang sedikit banyak mendorong popularitasnya tidak hanya di ranah komputer tapi juga mobile. Sejumlah pabrikan ternama pun sudah memanfaatkan momentum ini dengan meluncurkan beberapa model. Sebut saja Acer Jade Prime, Alcatel Idol Pro 4, dan HP Elite X3 yang sudah memastikan diri memulai kiprah di pasar masing-masing dan segera merambah negara lain dalam waktu dekat.

Sumber berita Softpedia gambar header Facebook/Lenovo.