Masih ingat mengenai pertemuan saya dengan Siddhartha Agarwal, salah satu Vice President di Zend Technologies? Dalam pertemuan sembari menyantap sarapan itu, terjadilah sebuah pembicaraan yang menarik selain dari diskusi mengenai strategi Microsoft-Open Source yang saya telah paparkan beberapa waktu lalu.

Pagi itu saya mencoba mengangkat topik soal penggunaan PHP di tingkat korporat sebagai produk solusi enterprise. PHP memang begitu populer di kalangan web developer untuk membuat website, CMS dan sistem informasi sederhana, namun di kalangan korporat, terutama untuk sistem informasi skala tinggi PHP bukanlah pilihan utama. Kebanyakan memilih teknologi Java, ASP/.NET, bahkan Visual Basic .NET. Mengapa hal ini bisa terjadi? Analisis saya mungkin karena PHP identik dengan open source, dan open source seringkali diasosiasikan dengan gratis, indie developers, tidak adanya dukungan teknikal secara resmi. Benarkah begitu?

Siddharta membantah analisis saya tersebut, bukan karena salah, melainkan karena sudah terjadi paradigm shift mengenai bagaimana korporat memandang open source. Kini teknologi Open Source sudah tidak lagi dipandang sebelah mata oleh pengguna korporat, dan Zend sebagai perusahaan yang mendukung PHP terus mengembangkan framework PHP untuk terus mengikuti kebutuhan sistem korporat.Termasuk adaptasi/integrasi dengan platform-platform dan teknologi yang sedang populer. Misalnya, Cloud Computing.

Ya, PHP dibawah payung Zend Technologies telah mampu mengembangkan bahasa pemrogramman paling populer di dunia itu agar mampu berjalan diatas platform cloud. Amazon E3, Rackspace Cloud, GoGrid bahkan Azure merupakan beberapa platform cloud yang sudah mendukung sistem PHP. Tidak hanya itu, ternyata framework PHP sekarang sangat fleksibel dalam penggunaan server layanan cloud dimana bisa menggunakan beberapa platform cloud sekaligus tanpa banyak perubahan/adaptasi kode.

Saya pribadi beberapa tahun lalu sempat bergelut dengan PHP/Zend Framework dan kala itu memang sebagai pengguna individual, dukungan resmi tidak saya dapatkan. Meskipun ada komunitas yang sangat aktif membantu sebagai pengganti dukungan resmi, namun rasanya (kala itu) PHP/Zend memang masih belum cukup oke untuk masuk ke level korporat. Well, itu dua tahun lalu dan sepertinya saat ini keadaannya sudah sangat jauh berbeda.

Menurut anda, prospek PHP (pada khususnya) dan Open Source (pada umumnya) untuk masuk ke tingkat korporasi/enterprise cerah atau justru kalah populer dengan teknologi proprietary? Kami tunggu responnya di kolom komentar :)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again