Categories

Gadget

Pi-Top Adalah Laptop Raspberry Pi yang Dirancang untuk Mempelajari Hardware dan Software Sekaligus

Belajar dasar-dasar elektronika sekaligus coding dengan bantuan Raspberry Pi

Glenn Kaonang - 17 October 2017

Sejak awal diciptakan, Raspberry Pi sudah ditujukan untuk membantu pembelajaran ilmu komputer. Di tahun 2014, sempat muncul sebuah laptop bernama Pi-Top di Indiegogo. Menggunakan Raspberry Pi sebagai otaknya, Pi-Top dirancang untuk mengajarkan dasar-dasar elektronika sekaligus coding. Wujudnya memang jauh dari laptop standar, tapi idenya tetap menarik untuk dieksekusi.

Kini pengembangnya sudah punya versi baru Pi-Top yang jauh lebih matang. Desainnya kini lebih mirip laptop tradisional, dengan trackpad yang diposisikan di bawah dan layar 14 inci beresolusi 1080p yang dapat dilipat 180 derajat.

Pi-Top

Versi baru ini juga lebih mudah dirakit ketimbang sebelumnya, dan yang paling menarik, keyboard-nya dapat digeser ke bawah untuk mengoprek jeroannya. Saat terbuka, tampak sebuah Raspberry Pi 3 diikuti oleh sepasang rel magnetik yang didesain untuk memudahkan pengguna menambahkan komponen dan aksesori baru.

Aksesorinya dibundel ke dalam Inventor’s Kit, yang terdiri dari tiga set modul: Music Maker, Space Race dan Smart Robot. Semuanya melibatkan penggunaan LED, tombol, resistor, dan berbagai macam komponen lainnya guna memberikan pengalaman belajar dasar-dasar elektronika yang menarik.

Pi-Top

Modul-modul itu bisa langsung diprogram dari Pi-Top, yang berarti pengguna dapat mempelajari kesinambungan hardware dan software secara bersamaan. Pi-Top menjalankan sistem operasi khusus bernama Pi-TopOS Polaris, dan pengguna dapat mengakses sejumlah software standar seperti browser Chromium, LibraOffice atau memainkan Minecraft Pi Edition.

Pi-Top saat ini sudah dipasarkan seharga $320, cukup mahal mengingat Raspberry Pi 3 sendiri bisa didapat dengan modal sekitar $35 saja.

Sumber: Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter