Pilot, Earpiece Canggih Untuk Menerjemahkan Percakapan Langsung

Lewat teknologi machine translations, Pilot dapat langsung menerjemahkan percakapan penggunanya

Bagi sebagian orang, kendala umum dalam berpergian ke luar negeri adalah berkomunikasi. Meski kini sudah banyak aplikasi penerjemah yang bisa digunakan di smartphone, penggunaannya masih belum ideal untuk percakapan sehari-hari. Namun tidak lagi setelah Anda menggunakan earpiece canggih bernama Pilot yang satu ini.

Earpiece yang disebut Pilot ini merupakan sebuah proyek yang sedang berjalan di situs crowdfunding Indiegogo. Seperti yang sudah saya singgung sedikit di atas, Pilot berguna untuk menerjemahkan percakapan antar bahasa secara langsung ketika digunakan.

Earpiece Pilot dilengkapi dengan sebuah aplikasi yang dapat diinstal di smartphone untuk menjalankan fungsinya. Pilot bekerja dengan cara sebagai berikut, saat pengguna berbicara dalam sebuah bahasa, Pilot akan mendengarkan dan kemudian meneruskannya ke aplikasi melalui 3 layer teknologi seperti speech recognition, machine translation dan speech synthesis.

Bahasa yang disampaikan tersebut kemudian diterjemahkan oleh aplikasi di smartphone yang kemudian Pilot akan menyampaikannya ke earpiece yang digunakan oleh lawan bicara. Dengan Pilot, Anda tak perlu lagi mengetik apa yang akan Anda bicarakan di aplikasi penerjemah. Cukup berbicara saja. Saat ini Pilot diklaim mampu menerjemahkan percakapan dengan delay beberapa detik setelah pengguna berbicara.

Kalau Anda tertarik untuk memiliki Pilot, Anda bisa mendukung proyek ini dengan opsi paling murah sebesar $199. Dengan $199 Anda akan mendapatkan sepasang earpiece Pilot beserta aplikasi pendukungnya dan satu buah portable charger. Namun Anda harus sedikit bersabar karena Pilot baru akan mulai dikirim Mei tahun mendatang. Pilot tersedia dalam warna merah, hitam dan putih

Selain itu pada peluncurannya nanti Pilot baru akan membawa translasi ke 5 bahasa yaitu Inggris, Spanyol, Perancis, Italia dan Portugis. Bahasa-bahasa tersebut dapat diunduh melalui aplikasi pendamping Pilot nantinya secara gratis bagi para backers. Bahasa lain rencananya akan ditambahkan kemudian setelah Pilot resmi hadir.

Penasaran seperti apa kecanggihan Pilot, earpiece yang dapat menerjemahkan antar bahasa langsung dalam percakapan? Simak video berikut:

Sumber: Indiegogo