1. DScovery

PivotTable: Definisi, Cara Membuat, Tujuan, dan Cara Menggunakannya

Tabel pivot adalah salah satu alat paling berguna di Excel. Mereka membantu kamu mengubah data mentah menjadi wawasan yang berguna. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui definisi, tujuan, dan cara menggunakannya.

Tabel pivot merupakan cara untuk menganalisis data dan meringkasnya.

Kamu dapat menggunakannya untuk melihat berapa banyak yang kamu belanjakan untuk kategori pengeluaran yang berbeda, berapa penjualan kamu untuk bulan yang berbeda, atau jenis data lain apa pun yang ingin kamu atur, analisis, dan pahami.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai Tabel Pivot.

Definisi Pivot Table

Tabel pivot adalah alat yang memungkinkan kamu melihat data kamu dengan cara yang berbeda.

Kamu bisa menggunakannya untuk meringkas, menganalisis, dan melaporkan informasi dalam jumlah besar—bahkan jika informasi tersebut tersebar di beberapa lembar kerja atau buku kerja.

Tabel pivot mudah dibuat dan digunakan. Kamu bahkan dapat mengubah tata letak data kamu tanpa mengubah apa pun tentang tampilan tabel pivot. Tabel ini memudahkan untuk mengetahui apa yang terjadi dengan data kamu dengan menampilkan total, rata-rata, dan angka penting lainnya secara sekilas.

Tabel pivot berguna saat kamu ingin melakukan hal-hal seperti membandingkan angka penjualan dari berbagai departemen, atau mencari tahu produk mana yang paling populer di antara pelanggan kamu.

Tujuan Pivot Table

Pivot table di Excel adalah fungsi yang sangat berguna yang memungkinkan kamu untuk mengatur data dalam sheet dengan cara yang memudahkan kamu atau pengguna lain untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Misalnya, jika kamu memiliki sheet Excel yang berisi data penjualan untuk setiap bulan dalam setahun, kamu dapat menggunakan pivot table untuk mengatur data berdasarkan bulan, lalu berdasarkan jenis produk.

Hal ini memungkinkan siapa saja yang perlu mengakses data tersebut untuk menemukan dengan cepat apa yang mereka butuhkan tanpa harus menelusuri semua bulan dan produk satu per satu.

Cara Menggunakan Pivot Table

Pivot tabel adalah alat di Excel yang memungkinkan kamu meringkas data dan membuatnya lebih mudah dibaca. Ini berguna untuk menemukan informasi dengan cepat seperti rata-rata kolom, atau jumlah baris di setiap kategori.

Berikut cara menggunakan pivot tabel:

  1. Pilih cell yang ingin kamu rangkum (Kamu dapat memilih beberapa kolom dan baris).
  2. Klik Insert > Pivot Table.
  3. Dalam kotak dialog Create PivotTable, pilih tempat kamu ingin meletakkan tabel, lalu klik OK.
  4. Pilih opsi dari daftar drop-down layout (atau klik Custom Layout), lalu klik OK lagi.
  5. Seret bidang dari fields box ke area row labels atau column labels sesuai kebutuhan, lalu klik OK lagi setelah selesai.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai PivotTable, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again