Plaform Reward dan Loyalitas Member.id Dapatkan Pendanaan Awal dari East Ventures

Plaform Reward dan Loyalitas Member.id Dapatkan Pendanaan Awal dari East Ventures

Pendanaan didapat dengan dukungan dari Ismaya Group dengan nilai yang tidak disebutkan
Marianne Rumantir dan Robert Tedja selaku co-founder Member.id / Member.id
Marianne Rumantir dan Robert Tedja selaku co-founder Member.id / Member.id

Penyedia platform reward dan loyalitas konsumen Member.id mengumumkan pendanaan awal dari East Ventures dengan dukungan Ismaya Group. Tidak diinformasikan besaran pendanaan yang didapat. Pendanaan ini akan difokuskan Member.id untuk memaksimalkan pemasaran, sehingga semakin banyak perusahaan di Indonesia yang menghadirkan program loyalitas pengguna melalui platformnya.

Member.id memungkinkan penggunanya untuk mengubah poin ke berbagai macam bentuk penukaran. Platform yang disediakan end-to-end, mulai dari konsultasi perancangan hingga operasional. Ismaya sebagai salah satu investor kini juga menerapkan platform yang dimiliki Member.id dan pihaknya mengaku mendapatkan efektivitas dari sisi pertumbuhan pelanggan.

“Pengeluaran untuk mempertahankan pelanggan adalah 5 hingga 10 kali lebih terjangkau dibandingkan dengan pengeluaran untuk mendapatkan pelanggan baru. Konsumen di Indonesia mempunyai kecenderungan untuk tunduk kepada diskon daripada setia terhadap suatu brand, karena banyak bisnis ditekan untuk membuat penjualan lebih cepat. Mereka tidak menyadari bahwa hal ini dapat menjadi sebuah persoalan dalam mempertahankan pelanggan dan akan menjadi pengeluaran yang lebih besar dalam jangka panjang,” jelas Co-Founder & CEO Marianne Rumantir.

Dari riset yang dirilis Member.id, 5% peningkatan kesetiaan pelanggan dapat menaikkan keuntungan rata-rata per konsumen sebesar 25% hingga 100%. 55% dari millennial mengaku setia terhadap suatu brand, dibandingkan 39% dari grup berumur 35 ke atas. Dari angka tersebut Member.id melihat adanya kebutuhan brand untuk menanggapi konsumen dengan cara yang lebih efektif.

“Mencari platform loyalty yang holistik susah didapatkan di Indonesia. Setiap merchant berada di dunia mereka sendiri dan konsumen mengalami kesusahan untuk mengingat keuntungan-keuntungan dari setiap program loyalty tersebut. Kami berharap untuk mengubah hal tersebut dan tim Member.id berada di posisi yang tepat untuk ini,” sambut Managing Partner East Venture Willson Cuaca.

Member.id sendiri didirikan oleh Marianne Rumantir, Robert Tedja dan Edy Sulistyo (sebagai informasi Edy merupakan salah satu co-founder dari Loket yang baru-baru ini diakuisisi GO-JEK). Member.id hadir berbarengan dengan tren yang ada di kalangan konsumen Indonesia saat ini, yakni konsumen lebih tertarik kepada penghematan uang daripada mendapatkan penghargaan untuk dapat membangun kesetiaan mereka terhadap sebuah brand. Tetapi untuk mempertahankan konsumen dalam jangka panjang, brand di Indonesia harus mengumpulkan data dari pelanggan, antara lain mengenai tingkah laku target pasar mereka.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…