1. Lifestyle

PlanetSide 2 Versi PlayStation 4 Ditunda ke 2014

Sukses diluncurkan di platform PC di tahun 2012 - bahkan menyabet beberapa penghargaan Game of the Year dari sumber berbeda - membuat Sony sang parent company cukup yakin untuk mengadopsi PlanetSide 2 ke PlayStation 4. Setelah mengumumkan akan menjadi salah satu game pertama yang bisa dinikmati saat console next-gen ini dirilis, Sony memutuskan untuk menunda peluncurannya ke tahun 2014.

Berita ini dilaporkan oleh The Escapist Magazine dari wawancara yang dilakukan Bloomberg TV. Sang presiden Sony Online Entertainment - tim yang mengembangkan PlayStation 2 - John Smedley mengkonfirmasi bahwa game ini tidak tersedia saat PlayStation 4 dirilis. Yang disayangkan juga adalah Smedley juga tidak memberi tahu kapan tepatnya game MMOFPS ini dirilis. Tapi ia sempat menyebutkan bahwa gamer harus menunggu hingga 2014 tiba.

Smedley memberikan sebuah argumen, "Kami pada dasarnya membantu peluncuran Sony PlayStation 4 di tanggal 15 November dengan menghadirkan game free-to-play kami, DC Universe Online, agar siap dimainkan dipeluncuran PS4. Kemudian PlanetSide 2 akan menyusulnya di awal tahun depan."

Ia berargumen bahwa, "Game ini harus dibuat sebaik-baiknya. Jika Anda ingin membuat konsumen mengeluarkan uang mereka, maka Anda harus memberikan sesuatu yang mengagumkan, karena pada dasarnya PlanetSide 2 bisa dinikmati secara gratis kapanpun mereka mau. Jadi Anda harus melakukan sesuatu yang spektakuler." Dan penjelasan ini terdengar sangat diplomatis baik di sisi SOE maupun konsumen.

Jadi apa itu PlanetSide 2? Ia adalah game shooter berskala raksasa. Jika Counter-Strike: Global Offensive menyajikan pertempuran 32 pemain dan Battlefield 4 menjanjikan 64 pemain, maka ada ratusan ribu gamer yang menikmati PlanetSide 2 di server yang sama dalam waktu yang bersamaan pula. Untuk mewadahi jumlah pemain yang sangat banyak ini, SOE menciptakan tiga buah benua terpisah dimana Anda bisa menemukan baku tembak hampir di seluruh isi planet.

Jika mayoritas first-person shooter hanya memberikan pemain dua faksi yang berperang dalam satu pertandingan, terdapat tiga faksi yang saling membunuh dalam PlanetSide 2. Game tidak dibagi-bagi dalam pertandingan terpisah, pertempuran yang terjadi di zona A berbarengan dengan baku tembak yang ada di zona B. Dan terkadang konflik bisa menyebar ke tempat-tempat lain.

PlanetSide 2 adalah pencapaian teknis yang mengagumkan. Belum ada satu permainan pun yang mampu melakukannya. Ada puluhan ribu orang menembakkan senapan mesin di detik yang sama - bayangkan seberapa banyak data yang harus diproses oleh game ini? Belum lagi tingkat efektifitas tiap peluru yang ditembakkan dipengaruhi gaya grafitasi dan jarak tempuh. Yang lebih menakjubkannya lagi, Anda bisa memainkan PlanetSide 2 dengan cuma-cuma. Item-item 'premium' yang disajikan hanya bersifat kosmetik: kostum, desain helm berbeda hingga kamuflase.

Memang banyak sekali hal dan infrastruktur yang harus SOE harus persiapkan agar PlanetSide 2 bisa dimainkan sempurna di PlayStation 4. Silakan nikmati trailer-nya di bawah.

Via GameSpot. Gambar header: FPSGeneral.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again