1. Startup

Plasa Berencana Untuk Menjual Bisnis E-commerce Mereka ke eBay

Tampaknya eBay akan secara langsung masuk ke dunia e-commerce Indonesia dengan mangakuisisi bisnis e-commercePlasa.com, menurut informasi yang kami dapatkan dari berbagai sumber, baik dari dalam maupun luar perusahaan.

E-commerce menjadi arah baru bagi Plasa di bawah mantan CEO Shinta Dhanurwardoyo, tetapi sekarang Shinta telah keluar dari Plasa dan online marketplace yang dimiliki Plasa secara praktis berjalan sendiri tanpa arahan, perusahaan ini disebut-sebut sedang berusaha memotong kerugian dengan menjualnya ke eBay. Kesepakatan ini belum final dan masih ada kemungkinan untuk tidak terjadi. Saat ini kedua perusahaan masih memperdebatkan detail dari kesepatakan ini.

Plasa.com mengalami masa sulit setelah ditinggal CEO sebelumnya, Shinta Dhanurwadoyo dan Chief Innovation Officer mereka Andi S. Boediman. Plasa merekrut Iriana Muadz dari Heinz ABC pada bulan Maret 2011 sebelum akhirnya juga meninggalkan perusahaan bulan kemarin. Sementara ini, Aris Siswoko dari manajemen Telkom dikatakan mengelola perusahaan tersebut.

Plasa memang telah berhasil menjalin kerja sama dengan Microsoft dalam mengoperasikan portal berita MSN, tetapi Plasa kehilangan kesepakatan dengan eBay untuk memperluas bisnis e-commerce mereka di luar Indonesia. Kesepakatan antara Plasa dan eBay seharusnya menghubungkan merchant asal Indonesia di Plasa dengan konsumen dari luar negeri dengan menggunakan platform eBay. Yang terjadi adalah sebaliknya, eBay hadir langsung di Indonesia, menjelajah pasar untuk menemukan peluang bagi diri mereka sendiri, jadi agak sedikit terbalik jika kini Plasa sedang dalam proses untuk menjual bisnis e-commerce mereka ke eBay.

Industri e-commerce di Indonesia bisa jadi masih bagaikan air keruh, ini disebabkan oleh kurangnya metode pembayaran yang mulus dan komperhensif kerena peraturan perbankan yang ketat. Meskipun ada usaha dari berbagai bank besar di Indonesia, seperti BCA, Mandiri, Permata, kemudian ada juga Doku, Inapay, ExRupiah dan banyak layanan pembayaran lainnnya, tidak ada satupun yang muncul dan mengarahkan e-commerce ke tingkat yang lebih luas.

Sepertinya Plasa sedang berjuang di bawah bayang-bayang persaingan berat dengan layanan e-commerce lain ketika Tokobagus dan Kaskus menjadi dua situs e-commerce paling populer di Indonesia dan Multiply juga mulai memperlihatkan pergerakan dan dalam proses memindahkan kantor pusat mereka ke Jakarta dari Boca Raton.

Selain dari potensi kesepatakan dengan eBay, Plasa sendiri tidak lepas dari berbagai persoalan. Informasi dari berbagai sumber yang kami dapatkan mengatakan bahwa Plasa memberhentikan karyawan dalam jumlah yang signifikan awal bulan ini dan akan terus berlanjut di bulan Maret. Saat ini Plasa memiliki 200 karyawan dan kemungkinan akan memberhentikan 20 karyawan di akhir kuarter pertama. Plasa juga telah kehilangan karyawan dalam jumlah yang cukup besar dalam satu tahun ke belakang.

Jika ini berlangsung terus, bukan tidak mungkin Plasa akan ditarik kembali ke dalam Telkom daripada melanjutkan ekperimen pseudo-startup yang sepertinya tidak berjalan ini. Jika semuanya gagal, Plasa mungkin akan kembali menjadi tidak lebih dari penyedia layanan email seperti waktu dulu, walaupun akan lebih substansial dengan dukungan Microsoft. Dalam skenario ini, PlasaMSN kemungkinan akan tetap bertahan walaupun di bawah manajemen langsung Microsoft.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again