1. Startup

Plasa.com Launched, But I Still Want That iPad.

Hari Sabtu lalu, sepulang saya dari acara Bancakan 2.0 di Jogja saya diundang ke acara launching Plasa.com di bilangan Pengadegan, Jakarta. Acara launching party ini berlangsung sangat meriah dan disiarkan secara langsung di sebuah stasiun TV swasta yang merupakan partner dari Mojopia.

Sebenarnya Plasa.com ini telah eksis sejak lama, dulu anak perusahaan Telkom Indonesia ini memberikan layanan email gratis yang belakangan mulai jarang digunakan. Sejak tahun 2009 lalu Telkom menunjuk Mojopia/PT MetraNet sebagai anak perusahaan yang akan mengembangkan kembali Plasa.com dengan konsep ecommerce platform. Tidak tanggung-tanggung, Plasa.com langsung diklaim bakalan menjadi portal ecommerce terbesar di Indonesia.

Ketika Mojopia mengadakan softlaunching Plasa.com tahun lalu, server Plasa.com langsung gagal diakses / down. Penyebabnya bisa jadi karena infrastruktur yang belum siap atau memang pengunjung yang datang melampaui kemampuan server itu sendiri. Tebakan saya sih terlalu ramai yang mengakses, mengingat proyek ini lumayan besar dan menarik minat banyak orang yang sudah lama berkecimpung di dunia internet.

Dan ketika hari Jumat lalu Mojopia mengadakan press conference untuk mengumumkan grand launching Plasa.com, ternyata server kembali down. Agak disesalkan memang kenapa sebuah website sebesar Plasa.com harus down ketika berlangsung momen penting seperti itu. Para tim dibelakangnya, termasuk Toni dari Navinot, langsung dengan sigap mengatasi sampai akhirnya Plasa.com kembali bisa diakses.

Plasa.com ini sebenarnya memiliki konsep yang cukup solid, dan diperkuat oleh Telkom yang tentunya memiliki dukungan dana yang juga sangat kuat. Promosi besar-besaran di online dan offline tentu bukan masalah bagi Plasa.com, sedangkan kompetitornya yang lain tentu harus berfikir beberapa kali sebelum meluncurkan TVC. Keunggulan ini membawa Plasa.com jauh didepan para pesaingnya, tinggal produk dan layanan yang nantinya akan menentukan hidup dan mati Plasa.com

Beberapa hari lalu saya sempat melontarkan pertanyaan di Twitter, apakah Plasa.com akan mendukung penjualan barang digital? MP3, eBook dan lain-lain. Ternyata menurut Heriyadi, Project Manager di Mojopia, itu merupakan salah satu agenda Plasa.com mendatang setelah memapankan versi mobile mereka. Sepertinya dalam waktu dekat Plasa.com akan segera memantapkan platform mobile commerce mereka mulai dari mobile version website dan juga aplikasi native untuk BB dan mungkin iPhone.

Sistem pembayaran, yang merupakan faktor penentu keberhasilan situs ecommerce, juga telah dipersiapkan oleh Plasa.com untuk memudahkan pembayaran online. Namun di acara launching kemarin sepertinya belum banyak dibahas mengenai hal ini.

Masih menunggu banyak hal dari Plasa.com, karena sepertinya mereka masih fokus ke menjangkau para merchant terlebih dahulu. Kalau merchant sudah banyak maka akan cenderung lebih mudah untuk men-drive user masuk dan berbelanja ;)

Ayo, apa pendapat anda mengenai peluncuran Plasa.com kemarin? Ada saran dan kritik mungkin? Kami tunggu di kolom komentar.

ps: I still want that ipad! :D

disclosure : this is a sponsored review, means i am being paid for this blog post but i can still be objective and reasonable in all of my opinion. Lucky me.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again