Categories

Feature

Maxava Sediakan Platform Disaster Recovery untuk server IBM i selama Masa Pandemi

Dibutuhkan oleh berbagai industri untuk menghindari terjadinya downtime

Ilham Sanjaya - 29 June 2020

Perkembangan teknologi membuat berbagai vertikal bisnis mulai melakukan kegiatan operasional dan pelayanan secara digital. Peralihan ini membuat data menjadi kunci bagi setiap perusahaan dalam memberikan kepuasan konsumen kepada klien maupun pengguna produk mereka. Di sisi lain, bila terjadi masalah berupa kehilangan atau kerusakan data, operasional bisnis perusahaan tersebut dapat mendadak terhenti. Masalah-masalah seperti server outages, data loss, atau data corruption dapat tiba-tiba terjadi dan seketika menghentikan operasi bisnis. Kendala kerusakan atau kegagalan pemrosesan data tersebut biasanya terjadi di dalam server operasional yang digunakan perusahaan. Salah satu yang juga telah banyak digunakan oleh perusahaan dalam operasional bisnisnya adalah IBM i.

Saat ini, server IBM i sendiri telah digunakan oleh ribuan bank, perusahaan asuransi, lembaga finansial, serta banyak perusahaan lainnya di indonesia dan seluruh dunia. Bank-bank di Indonesia saat ini juga menjalankan aplikasi perbankan dan jaringan ATM mereka pada server IBM i, untuk itu server ini menjadi tempat penyimpanan penting untuk pengelolaan data dan informasi bagi perbankan. Hal ini juga didukung oleh kemampuan server IBM i yang dapat menangani jutaan transaksi dalam satu jam. Jumlah transaksi yang begitu banyak tersebut juga memperlihatkan pentingnya disaster recovery dan high ability untuk proteksi data saat menggunakan server IBM i. Untuk itu, setiap perusahaan kini perlu memberikan perhatian lebih terhadap manajemen proteksi data yang dimiliki, salah satunya adalah dengan memiliki perencanaan disaster recovery yang baik.

Maxava Membantu Menghindari Downtime

Memiliki software atau platform disaster recovery dapat membuat perusahaan memiliki solusi untuk melakukan backup dan recovery pada waktu tertentu. Salah satu penyedia platform disaster recovery tersebut adalah Maxava. Melalui platformnya, Maxava memberikan solusi bagi perusahaan untuk melakukan pencadangan dan pemulihan data secara real-time. Salah satu keunggulan platform ini adalah kemampuannya dalam memproses ratusan juta transaksi per hari. Selain itu, setiap kali database diperbarui karena adanya transaksi baru, maka data transaksi tersebut akan segera direplikasi ke server cadangan di lokasi lain melalui platform ini. Pada umumnya, perusahaan memang melakukan pemeliharaan server cadangan di lokasi lain untuk berjaga-jaga bila suatu waktu terjadi kegagalan pemrosesan data atau bencana di lokasi produksi utama. Pencadangan ini dilakukan untuk menghindari kerugian besar yang dapat terjadi karena downtime. Bisa dibayangkan bagaimana kerugian yang dapat dialami apabila misalnya suatu bank kehilangan ribuan transaksi karena mengalami downtime.

Penyebab terjadinya downtime karena kegagalan operasional ini juga bervariasi, mulai dari bencana alam, malware, human error, hingga perangkat keras yang rusak. Salah satu hal penting yang harus dicermati dalam pemilihan platform disaster recovery adalah kemampuan untuk melakukan role-swap, sebuah fitur yang dapat “menukar” penggunaan komputer perusahaan ke database yang telah dicadangkan secara seamless. Hal ini membuat sistem yang rusak atau mengalami kendala dapat langsung digantikan oleh sistem yang telah dicadangkan. Dengan memiliki disaster recovery software, kehilangan data dapat dihindari serta operasional tetap dapat berjalan 24 jam karena telah dicadangkan sebelumnya.

Mengalami downtime akibat kerusakan data dapat menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi bisnis. Menurut Gartner, kerugian ini dapat mencapai rata-rata $5,600 per menitnya. Selain menghindari kerugian karena kegagalan operasional tersebut, memiliki platform disaster recovery berbasis cloud juga dapat lebih menghemat pengeluaran untuk proteksi data secara manual. Perusahaan yang memiliki cabang juga dapat melakukan backup dan recovery secara cepat saat operasional teknis di cabangnya sedang diperbaiki sehingga operasional bisnis tetap dapat berjalan dalam hitungan menit.

Disaster Recovery Dibutuhkan oleh Berbagai Industri selama COVID-19

Memiliki platform disaster recovery sebagai bagian dari manajemen proyeksi data tidak hanya dibutuhkan oleh industri tertentu. Setiap perusahaan yang melakukan pengolahan data dalam operasionalnya jelas membutuhkan sebuah solusi untuk melakukan backup dan recovery. Tujuannya adalah untuk menghindari kehilangan data penting serta dapat dengan cepat kembali menjalankan bisnisnya. Berbagai industri mulai dari perbankan, kesehatan, asuransi, hingga manufaktur dapat menerapkan manajemen proyeksi data menggunakan platform disaster recovery tersebut.

Selama masa pandemi yang diakibatkan COVID-19 ini, dapat dilihat dengan jelas bahwa kemampuan role-swap ke server cadangan IBM i sangat penting bagi perusahaan. Salah satu alasannya karena selama masa pandemi ini banyak perusahaan mengalami kesulitan dalam mempertahankan akses normal ke gedung dan sistem mereka. Salah satu perusahaan yang melihat pentingnya disaster recovery tersebut adalah PT Asuransi Tokio Marine Indonesia. Tokio Marine Indonesia adalah perusahaan asuransi global yang mengusung kepuasan pelanggan, kepatuhan dan komunikasi sebagai core values perusahaannya. Baru-baru ini, perusahaan tersebut mengimplementasikan Maxava untuk server IBM i mereka. Dengan memiliki cadangan sistem dengan database yang terus diperbaharui secara real-time, dapat memberikan perusahaan seperti Tokio Marine Indonesia cadangan pertahanan dari kerusakan dan kegagalan pemrosesan data serta terhindar dari pemulihan sistem tunggal.

Membantu Usaha Kecil Fokus Mengembangkan Bisnis

Tidak hanya korporasi besar yang harus memperhatikan kerberlangsungan bisnisnya, tetapi juga para pelaku UKM dan juga startup. Semua perusahaan kini harus memberikan perhatian lebih terhadap manajemen proteksi datanya untuk menjaga keberlangsungan bisnisnya. Transaksi elektronik yang dilakukan secara digital tidak dapat dipulihkan jika hilang karena terjadi kerusakan. Kegagalan operasional akibat kerusakan atau kehilangan data dapat menyebabkan hilangnya kesempatan menyelesaikan transaksi tersebut. Dengan memiliki perencanaan terhadap proteksi data dengan memanfaatkan platform disaster recovery seperti Maxava, perusahaan tersebut dapat terus fokus dalam mengembangkan bisnisnya menuju skala bisnis yang lebih besar.

Maxava adalah penyedia platform disaster recovery dan system monitoring untuk IBM i yang dapat diimplementasikan di berbagai industri dan berbagai skala bisnis. Melalui platformnya, Maxava menyediakan solusi backup dan recovery untuk melakukan proteksi terhadap kehilangan atau kerusakan data yang dapat mendatangkan potensi downtime terlalu lama, serta kerugian bisnis yang cukup besar bagi perusahaan. Dengan menggunakan Maxava, baik korporasi maupun usaha kecil yang juga menggunakan platform IBM i dapat melakukan penghematan anggaran, waktu, dan juga tenaga sumber daya yang dibutuhkan.

Selain itu, Maxava juga mengembangkan sebuah platform monitoring tools berbasis cloud yang memungkinkan perusahaan untuk memonitor dan mengelola software mereka seperti IBM i, Windows, AIX dan Linux dari jarak jauh. Keunggulan ini menjadi sangat penting selama masa pandemi COVID-19 dimana banyak perusahaan dan staf teknisnya bekerja dari rumah.

Saatnya untuk Meninjau Disaster Recovery Plan Anda

Memang benar bahwa banyak pelaku bisnis harus meninjau kembali strategi pemulihan bencana mereka selama masa pandemi ini. Perlindungan dari kehilangan data dan pemadaman server menjadi hal yang sangat penting dan situasi pandemi ini juga memperlihatkan perlunya semua bisnis untuk meninjau dan memperbarui rencana dan strategi mereka. Dengan pemilihan platform dan strategi yang tepat, operasional bisnis dapat terus berjalan tanpa perlu khawatir meskipun terkendala akses yang terbatas akibat pandemi ini.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pentingnya disaster recovery bagi perusahaan, Anda dapat mengikuti New Zealand Fintech Webinar #2 pada Kamis, 2 Juli 2020. Daftar segera lewat tautan berikut ini.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh NZTE

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter