1. Startup

PlayHawaii Diakuisisi CrowdSavings, Maiplay Tutup dan Menjadi Perx

Akhir bulan Mei yang lalu Aulia telah menuliskan sebuah situs group buying dari Hawaii yaitu PlayHawaii melakukan ekspansi ke Singapura dan Indonesia dengan mengubah namanya menjadi Maiplay.

Kini, ketika para pembaca DailySocial mengakses PlayHawaii, ada perubahan logo yang berbeda. Layanan daily deals ini telah diakuisisi oleh CrowdSavings. CrowdSavings adalah layanan daily deals yang berdiri sejak tahun 2009 dan berbasis di Florida, US. Chad Jaquays (Presiden dan CEO CrowdSavings) juga memberitahukan akuisisi ini kepada para pengguna PlayHawaii.

Seperti yang DailySocial kutip dari HawaiiWeblog.com, Jon Sugihara (co-founder PlayHawaii) menjelaskan bahwa meski Crowdsavings berasal dari daratan Amerika namun mereka memiliki komitmen untuk f0kus pada pasar hyper-local - Hawaii, selain itu akun resmi dan FB Page berubah menjadi @CS_Honolulu dan CrowdSavings.com Honolulu. Oke, kita kembali ke pembicaraan semula. PlayHawaii pada bulan Mei kemarin melakukan ekspansinya di Singapura dan Indonesia. Di kedua negara tersebut mengubah nama menjadi Maiplay dan menggunakan dua domain yang berbeda, untuk Singapura menggunakan domain Maiplay.com.sg dan untuk Indonesia menggunakan domain Maiplay.com. Beberapa pengguna juga mengajukan complain di FB Page resmi Maiplay Indonesia dan tidak ditanggapi oleh pihak Maiplay. Update status terakhir di FB Page-nya tanggal 19 Agustus 2011 yang lalu dan Tweet terakhir di akun resminya @maiplay_indo pada tanggal 1 Agustus 2011. Dan itu semua menandakan bahwa deal terakhir yang ditawarkan Maiplay kepada pengguna antara awal hingga pertengahan bulan Agustus 2011 silam. Setelahnya tidak terdapat deal yang ditawarkan. Ya, bisa dikatakan layanan daily deals ini tutup, dan itu juga dialami dengan Maiplay Singapura. Akan tetapi, Maiplay Singapura dengan domain maiplay.com.sg masih dapat diakses, meski sudah tidak terdapat deal terbaru yang ditawarkan. Menariknya, domain Maiplay Indonesia yaitu maiplay.com, tampilannya berubah total dan menjadi sebuah startup baru di segmen mobile bernama Perx (getperx.com). Tampaknya domain maiplay.com hanya digunakan sebagai redirecting oleh startup yang bernama Perx ini. Startup ini adalah rencana selanjutnya dari Jon Sugihara dan Andrew Sato untuk fokus di pasar Asia, dan direncanakan akan dibawa kembali ke Hawaii. Perx from Perx on Vimeo. Perx sendiri adalah sebuah startup yang berbasis di Singapura dan bergerak dibidang mobile app, untuk saat ini baru tersedia di platform iOS dan selanjutnya akan merilis di platform Android. Dari informasi di akun Twitter resimnya @getperx, startup ini launching pada tanggal 17 Oktober 2011 yang lalu. Kalau menurut saya pribadi, startup ini dapat dibilang masih tetap bergerak di layanan daily deals akan tetapi dengan konsep yang berbeda dan sedikit mirip dengan Bouncity. Cerita tentang Perx memang soal lain, namun yang menjadi pertanyaan adalah tentang pasar Indonesia untuk layanan group buying - daily deals. Setelah beberapa layanan daily deals yang tutup dan terangkat di permukaan publik seperti DetikDeal dan MaiPlay. Apakah akan ada lagi layanan daily deals yang gulung tikar?
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again