1. Lifestyle

[PlayStation 4 Launch Day] Sudahkah Anda Menyaksikan Iklan Komersial PS4 Terbaru?

Tidak lengkap rasanya jika Sony tidak menyertakan iklan komersial PlayStation 4 di hari peluncurannya. Dan sebaiknya Anda langsung menontonnya jika Anda belum sempat, karena terlepas apakah Anda fans Sony atau bukan, iklan ini sangat keren. Jika Anda teliti, Anda akan melihat beberapa karakter legendaris Sony di dalam video.

Silakan nikmati komersialnya di bawah ini:

Pastinya Anda sudah bisa menebak dari game mana karakter-karakter (dan objek) di dalam trailer berasal: Killzone, Driveclub, Assassin's Creed, Knack, Watch Dogs hingga inFamous. Tapi apakah Anda sadar bahwa Sony juga membubuhkan 'tanda-tanda' bahwa game-game klasik PlayStation pertama juga akan hadir kembali di platform baru ini?

Sekitar detik ke-48, Anda bisa melihat penanda jalan dengan siluet Crash Bandicoot di sebelah kanan. Kemudian Parappa the Rapper juga muncul sebagai graviti di tembok. Tentu saja bisa jadi hal ini cuma sekedar 'iseng-iseng' dari Sony, namun apakah ada maksud lain di dalamnya?

Iklan ini memadukan unsur live-action dengan CGI. Pasti tidak sedikit yang penasaran, studio apa yang membuat iklan seapik ini? The Mill tentu saja. Mereka adalah para talenta jenius di belakan trailer-trailer baru dan keren di seperti Call of Duty: Ghost, XCOM, Need For Speed, Pikmin dan lain-lain.

The Mill memiliki markas besar di London dan mereka fokus di area VFX yang cukup luas seperti film, iklan, kampanye online dan program TV. Dalam membuat iklan bertema game, hanya ada satu studio yang mampu menyaingi The Mill, mereka adalah Blur Studios. Berbeda dengan The Mill yang mengandalkan kekuatan live-action, Blur biasanya menggarap seluruh video dengan teknik CG a la Pixar.

Menariknya, The Mill juga merupakan tim yang membuat video ini:

Kita bisa melihat ada banyak kesamaan dalam kedua iklan yang saya bubuhkan di atas. Saya cukup salut dengan mereka. Bekerja untuk dua kubu yang 'bertentangan' bukanlah hal yang mudah, apalagi dua video di atas sama-sama dibuat dengan ciamik dan eksekusi ide super-kreatif.

PS4 di Indonesia

Baiklah, beralih ke kabar yang sangat dinantikan. Kita tahu banyak sekali orang yang bertanya: jadi kapan PlayStation 4 masuk Indonesia? IGN memberikan update bahwa kabarnya console ini akan dirilis di negara-negara Asia Tenggara lain (Filipina, Thailand, Indonesia) sebelum peluncurannya di Jepang - tanggal 22 Februari 2014. Jadi untuk Anda yang tidak mau repot-repot mengirimnya dari Malaysia, Hong Kong ataupun Singapura, Anda cukup bersabar hingga dua tiga bulan lagi.

Soal harga, Kenn Leandre dari IGN Asia juga sudah memperbarui tabel daftar mereka dengan info dan data kurs terbaru. Di Malaysia PS4 bisa didapatkan mulai tanggal 20 Desember 2013 dan di Singapura akan dirilis mulai tanggal 19 Desember 2013.

Tulisan ini diolah dari artikel IGN dan Kotaku. Gambar header: Consolegames.ro.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again