9 March 2017

by Glenn Kaonang

Plen Cube Adalah Robot Asisten Pribadi Berwujud Mini

Ia dapat menyajikan informasi ramalan cuaca, notifikasi dan reminder, serta menjadi juru foto pribadi

Masih ingat dengan Plen2, robot imut yang dapat diprogram dengan beragam fungsi? Pengembangnya yang berasal dari Jepang kini punya persembahan baru. Namanya Plen Cube, dan robot ini diproyeksikan sebagai asisten pribadi yang bisa kita bawa-bawa.

Berwujud kubus dengan dimensi 3 inci, sepintas Plen Cube kelihatan seperti rautan pensil. Di dalamnya telah tertanam chipset buatan Intel yang dirancang secara spesifik untuk bidang IoT (Internet of Things). Kemudian terdapat juga kamera full-HD yang dibekali teknologi computer vision, memungkinkannya untuk mendeteksi wajah seseorang.

Sebagai asisten pribadi, ada banyak yang bisa dilakukan Plen, mulai dari menyajikan informasi ramalan cuaca, notifikasi dan reminder, sampai menjadi juru foto berkat kemampuannya mendeteksi wajah sekaligus gerakan. Pengoperasiannya sendiri bisa mengandalkan perintah suara, gesture atau via aplikasi ponsel.

Plen Cube bersama 'kakaknya', Plen2 / PlenGoer Robotics

Dari aplikasi ponsel ini juga pengguna dapat menghubungkan Plen Cube dengan berbagai layanan internet yang digunakan. Plen Cube sendiri punya beberapa cara untuk menyuguhkan informasi; bisa melalui LCD 2,2 inci di bagian atasnya, bisa juga lewat suara suara, atau malah menggunakan bahasa tubuh seperti menggelengkan 'kepalanya' – ia bahkan bisa berjoget ketika Anda sudah menyelesaikan to-do-list untuk hari itu.

Plen Cube bisa dianggap sebagai versi simpel dari Plen2. Kalau dengan Plen2, pengguna benar-benar dibebaskan soal fungsi-fungsi apa saja yang ingin diprogramkan ke robot tersebut. Plen Cube di sisi lain dapat langsung digunakan oleh pengguna awam yang sama sekali tidak paham perihal coding.

Robot asisten pribadi berwujud mini ini sekarang sudah bisa dipesan melalui situs crowdfundingKickstarter. Harganya bisa dibilang cukup mahal di angka $349 – retail-nya diperkirakan berkisar $449.