Categories

Review

Aplikasi Pletoon Sajikan Jajaran Komik Strip Harian

Memberikan kesempatan komikus lokal untuk bergabung dan mengunggah karyanya

Michael Erlangga - 7 April 2015

Dalam mengisi waktu senggang, membaca komik merupakan salah satu pilihan banyak orang yang bisa dilakukan di tengah hiruk-pikuk kegiatan masyarakat Indonesia. Memfasilitasi hal tersebut, aplikasi mobile Pletoon hadir menyajikan berbagai komik yang rilis setiap harinya. Komik berasal dari unggahan para komikus yang dikurasi oleh pemelihara Pletoon.

Aplikasi Pletoon sejatinya bukan yang pertama dalam layanan membaca komik secara mobile di Indonesia. Sebelumnya telah ada Ngomik dan KolamKomik yang lebih dulu tersedia dengan layanan serupa. Menariknya, Pletoon menyimpan data dari setiap episode komik yang telah dibaca, untuk dapat diakses di lain waktu bahkan tanpa akses internet dari beberapa genre secara gratis.

Pengguna dapat langsung mengakses berbagai komik yang tersortir berdasarkan hari tayang, genre, maupun komik dengan rating tertinggi. Untuk mulai membaca, cukup tap judul lantas pengguna langsung diarahkan ke informasi detail suatu komik. Silakan pilih episode atau loncat ke episode pertama untuk mengikuti dari awal cerita.

Bagi pengguna yang ingin menambahkan komik ke dalam menu favorit agar lebih mudah mengikutinya, Pletoon mewajibkan mereka untuk masuk sebagai pengguna terdaftar. Akses tersebut juga mengizinkan pengguna memberikan komentar dan berbagai fitur lainnya.

Dalam pantauan DailySocial saat mencoba aplikasi ini, ada sedikit glitch yang terlihat saat hamburger menu dibuka. Tampilan recently viewed jajaran komik yang sebelumnya diakses hanya ditampilkan setengah dari sampulnya saja.

Terlepas dari itu, Pletoon hanya butuh konten yang lebih banyak dan pembaruan yang lebih sering. Menjawab hal tersebut, pihak Pletoon membuka gerbang mereka dalam kesempatan kolaborasi bersama para komikus nasional yang ingin tergabung dalam layanan Pletoon melalui laman situsnya.

Dirancang oleh tim Creative HotHouse (CHH), aplikasi Pletoon telah tersedia di platform iOS dan Android. Menurut versi Google Play, Pletoon telah berhasil mengklaim ribuan angka unduhan sejauh ini. Pihak CHH sendiri enggan memberikan komentar mengenai statisik pengunjung dan model bisnis yang dijalankannya, serta kriteria khusus bagi komik yang ingin ditayangkan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter