1. Lifestyle

Plexamp Ingin Menjadi Versi Modern dari Winamp

Tetap ringkas dan ringan seperti Winamp, tapi mengandalkan kinerja berbasis server dan sejumlah fitur modern lainnya

Plex, pengembang aplikasi media streamer yang cukup populer, baru saja meluncurkan divisi eksperimental bernama Plex Labs. Divisi ini pada dasarnya didedikasikan untuk mewadahi proyek-proyek yang dikerjakan tim internal Plex di waktu luangnya, dan salah satu yang pertama adalah sebuah aplikasi pemutar musik untuk Windows dan Mac bernama Plexamp.

Mendengar namanya, saya yakin Anda pasti teringat akan Winamp. Plexamp sejatinya memang banyak mengambil inspirasi dari salah satu music player terpopuler yang resmi pensiun empat tahun silam tersebut, dan pengembangannya banyak berkaca pada fitur-fitur unggulan Winamp yang berhasil membuat dunia jatuh cinta dengannya.

Dari kacamata sederhana, Plexamp yang ingin menjadi versi modern dari Winamp, mempertahankan wujudnya sebagai aplikasi yang ringkas dan ringan, namun di saat yang sama juga mengedepankan kinerja berbasis server yang selama ini diunggulkan oleh Plex. Tampilannya bahkan sengaja dikemas dalam satu jendela saja seperti Winamp.

Terlepas dari tampilannya yang simpel dan statusnya sebagai web app, Plexamp menyimpan sederet fitur unggulan. Yang paling utama, Plex mengklaim kinerjanya tidak kalah dibanding aplikasi native; pengguna bahkan bisa membukanya dari mana pun via kombinasi beberapa tombol pada keyboard.

Fitur standar macam gapless playback turut tersedia, demikian juga dengan optimalisasi volume secara otomatis meski lagu-lagu yang diputar berasal dari album yang berbeda. Bagi yang memiliki koleksi musik cukup masif, Plexamp yang mendukung banyak format sekaligus ini juga menawarkan fitur radio.

Fitur lain yang Plexamp pinjam dari Winamp adalah visualizer, yang menyuguhkan deretan animasi menarik selagi mengikuti irama musik. Saya yakin Anda yang pernah menggunakan Winamp sempat bermain-main dengan fitur ini, dan setidaknya Plexamp bisa menjadi obat kangen bagi kita semua.

Plexamp saat ini sudah bisa diunduh secara cuma-cuma. Sayangnya ada satu fitur Winamp yang paling saya kenang yang absen di sini, yaitu opsi untuk menggonta-ganti tampilan aplikasi alias skinning.

Sumber: Plex.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again