Categories

Berita

Pluang Umumkan Pendanaan Lanjutan 499 Miliar Rupiah

Digabungkan dengan putaran pra-seri B yang diumumkan Maret 2021, Pluang telah bukukan pendanaan senilai $55 juta

Randi Eka - 13 September 2021

Pluang hari ini (13/9) mengumumkan telah mendapatkan pendanaan lanjutan senilai $35 juta atau setara 499,3 miliar Rupiah. Putaran investasi ini dipimpin oleh Square Peg dengan keterlibatan SIG, UOB Venture Management, dan beberapa investor sebelumnya termasuk Go-Ventures dan Openspace Ventures.

Perolehan ini melanjutkan investasi pra-seri B yang diterima pada Maret 2021 lalu senilai $20 juta. Jika ditotal, perusahaan telah membukukan dana $55 juta di putaran tahun ini. Dana segar akan difokuskan untuk percepatan peluncuran produk baru untuk memenuhi kebutuhan investasi penggunanya. Selain itu penguatan tim internal juga akan menjadi fokus berikutnya.

Mudahkan konsumen diversifikasi investasi

Dimulai dengan menyediakan akses ke investasi emas, kini Pluang telah memiliki beberapa instrumen lain di platformnya, termasuk saham, reksa dana, dan kripto. Ini menjadikan mereka menjadi salah satu aplikasi investasi yang cukup lengkap dan memudahkan pengguna untuk melakukan diversifikasi aset di satu dasbor.

Pluang memungkinkan penggunanya untuk menabung dan berinvestasi mulai dari Rp10.000, tentu ini menjadi menarik untuk membuka pasar baru, khususnya bagi kalangan gen Z dan milenial yang masih belajar berinvestasi.

Strategi kolaborasi antarpemain digital juga khas dilakukan Pluang. Untuk menghadirkan varian instrumen investasi, mereka juga menggandeng banyak pihak. Misalnya kripto, saat ini Pluang bekerja sama dengan Zipmex dan Tokocrypto untuk memproses transaksi melalui backend aplikasi. Pun untuk distribusi layanan, Pluang saat ini terintegrasi di beberapa aplikasi konsumer, seperti Gojek, Dana, dan Bukalapak.

Wealthtech makin memikat

Didirikan sejak tahun 2019 oleh Claudia Kolonas dan Richard Chua, Pluang saat ini telah memiliki sekitar 3 juta pengguna terdaftar. Potensinya juga masih besar, karena hingga H1 2021 ini baru 2% dari total penduduk usia produktif di Indonesia yang mengakses produk investasi di pasar modal – secara total ada 4,5 juta orang. Untuk investor kripto sendiri, saat ini memiliki jumlah lebih banyak yakni 6,5 juta orang.

"Kami beruntung terus menambah investasi kami di Pluang pada setiap seri pendanaannya, menjadikan Pluang sebagai salah satu portofolio utama kami. Kami selalu kagum atas inovasi produk, pertumbuhan bisnis Pluang, dan unit ekonomi yang terbaik di kelasnya. Kami berharap untuk terus bekerja sama dengan tim Pluang dalam tahun-tahun mendatang," ujar Partner Go-Ventures Aditya Kamath.

Sepanjang tahun ini, beberapa aplikasi investasi mendapatkan pendanaan ekuitas dari investor. Selain Pluang, ada Bibit, Ajaib, dan FUNDtastic yang juga mendapatkan pendanaan lanjutan. Ini menjadi validasi tersendiri terkait keabsahan potensi pasar yang dapat digarap oleh para pemain di vertikal tersebut.

AplikasiPeringkat Google Play (Finance)Pendanaan Terakhir
Ajaib20Seri A, $90 juta
Bibit16Pre-Seri B, $65 juta
Stockbit-Seri C, $35 juta
Pluang26Pra-Seri B, $55 juta
FUNDtastic-Seri A, $7,7 juta
Bareksa193Seri B

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna untuk melakukan investasi, seperti Tanamduit, Raiz Invest, E-mas, Lakuemas, Treasury, Tamasia, Indogold, Tokocrypto, Indodax, Luno, Pintu, dll.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter