1. Startup

Plurk Ngamuk, Microsoft Ngaku

Dua minggu yang lalu DailySocial posting tentang MSN Juku, layanan microblogging dari Microsoft China yang terlihat sedikit terlalu familiar dengan sebuah layanan microblogging ngetop lainnya. Well butuh waktu cukup lama juga untuk Plurk, si empunya layanan yang mirip, untuk teriak "maling!" ke raksasa IT tersebut.

Lewat postingan blognya Senin kemarin, Plurk dengan blak-blakan menuduh Microsoft telah mencuri layanan, disain, hingga kode sumber mereka. Microsoft langsung bereaksi defensif menurunkan layanan tersebut dan berkilah bahwa layanan tersebut dikembangkan oleh pihak ketiga. Hingga akhirnya malam tadi Microsoft mengaku telah lalai dan meminta maaf kepada Plurk.

Small Startup 1 - 0 Big IT Giant.

Soal curi-mencuri atau kloning-mengkloning layanan website sih sebenernya bukan hal baru. Hampir semua layanan di internet ada kloningannya yang bisa membuat semua orang menyajikan layanan serupa.

Di ranah startup lokal pun lumayan ramai dengan layanan dan aplikasi yang ahem miripahem dengan layanan lain. Ada yang plek-plekan meniru, tapi ada juga yang menyisipkan nafas lokal atau merambah niche tertentu. Ah, tapi ini jadi subyek di postingan lain aja ya :D

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again