1. DScovery

Podcaster: Pengertian, Jenis, dan Skill yang Harus Dikuasai

Podcaster adalah seseorang yang berbicara di dalam podcast.

Belakangan ini, podcast adalah salah satu jenis konten yang cukup populer terutama di kalangan anak muda. Bahkan, kini podcast juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya media pemasaran untuk bisnis.

Podcast merupakan sebuah siaran yang berupa rekaman suara dari host atau podcaster yang membahas tentang topik tertentu. Meski terdengar mudah, namun ternyata untuk menjadi seorang podcaster, kamu perlu menguasai beberapa skill khusus.

Nah, berikut adalah penjelasan tentang podcaster beserta skill yang harus dikuasai untuk kamu yang tertarik dalam bidang ini!

Pengertian Podcaster

Podcaster adalah orang yang berbicara dalam podcast. Podcaster juga sering disebut sebagai host. Sementara podcast adalah sebuah siaran yang berupa rekaman suara atau audio yang dapat diputar kapan pun oleh pendengarnya.

Secara harfiah, istilah podcast muncul dari gabungan kata “iPod” dan “broadcast”. Namun, ada juga pendapat yang menyatakan bahwa kata “pod” dalam istilah podcast berasal dari singkatan “play on demand”, “personal on demand” atau “portable on demand”.

Jenis-Jenis Podcast

Sebelum mengetahui skill yang harus dikuasai oleh seorang podcaster, ada baiknya jika kamu mengetahui jenis-jenis podcast terlebih dahulu.

1. Solo Podcast

Solo podcast adalah jenis rekaman yang dibawakan oleh satu orang podcaster secara monolog atau secara satu arah tanpa lawan bicara. Topik yang dibawakan pada podcast jenis ini biasanya berupa pembahasan tentang pendapat dari podcaster tersebut mengenai suatu hal, membacakan cerita dari pendengar, atau memberi informasi mengenai sesuatu.

2. Interview Podcast

Sementara interview podcast adalah jenis podcast yang berisikan dialog antara beberapa orang dengan konteks wawancara. Umumnya, narasumber yang diundang akan berbeda-beda di tiap episode, tergantung tema yang dibawakan.

3. Multihost Podcast

Multihost podcast adalah jenis podcast yang dibawakan oleh beberapa podcaster sekaligus. Jenis podcast ini biasanya berisi rekaman diskusi mengenai suatu topik yang terdiri dari beberapa perspektif.

Skill yang Harus Dikuasai oleh Podcaster

1. Memiliki Kreativitas Tinggi

Seorang podcaster harus memiliki kreativitas yang tinggi. Sebab, podcaster selalu dituntut untuk menghadirkan berbagai konten yang unik dan menarik setiap minggunya.

Selain itu, mereka juga harus menemukan ide-ide baru serta strategi agar konten yang mereka ciptakan tidak membosankan untuk didengarkan.

2. Pandai Story Telling

Seorang podcaster juga harus pandai dalam melakukan story telling. Dengan kemampuan ini, podcaster tidak hanya harus mahir berbicara, tetapi juga harus dapat menyajikan informasi yang dibawakan secara natural sehingga pendengar dapat ikut meresapi cerita yang dibawakan.

3. Mengikuti Tren

Salah satu faktor penting agar sebuah podcast menarik banyak orang untuk mendengarnya adalah dengan selalu up-to-date pada tren terkini. Dalam hal ini, seorang podcaster harus mampu mengikuti tren terkini yang kemudian bisa dibahas pada topik yang ia bawakan.

4. Pandai dalam Interview

Keahlian wawancara juga perlu dikuasai oleh seorang podcaster. Pasalnya, wawancara juga membutuhkan teknik dasar tertentu yang perlu diperhatikan agar kegiatan tanya jawab mengalir secara natural. Selain itu, etika dalam wawancara juga perlu diperhatikan agar informasi yang tersaji dapat terserap dengan baik oleh pendengar.

5. Memiliki Manajemen Waktu

Seorang podcaster juga harus pandai dalam mengatur manajemen waktu yang baik. Tujuannya, agar podcast dapat berjalan secara rutin dan konsisten pada jadwal tayangnya. Podcast yang memiliki jadwal tayang yang tidak konsisten berpotensi akan kehilangan pendengar tetapnya.

6. Memiliki Kemampuan Mendengar dengan Empati

Terakhir, selain harus memiliki kemampuan story telling yang baik, seorang podcaster juga harus memiliki kemampuan medengar dengan empati. Maksudnya, seorang podcaster harus memuat konten yang sesuai dengan aspirasi pendengarnya agar dapat tetap bertahan.

Nah, itulah penjelasan mengenai podcaster yang telah dirangkum untukmu. Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat untukmu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again