Categories

Berita

Wujudkan Konsep Pemerintahan Terbuka, Portal Data Indonesia Resmi Diluncurkan

Avi Tejo Bhaskoro - 5 September 2014

Semangat pemerintah Indonesia dalam mengusung konsep pemerintahan terbuka (open government) telah terwujud. Setelah sebelumnya sempat mendukung berbagai kegiatan kreatif seperti hackathon#HACKJAK dan Retas Bangsa, pemerintah Indonesia kini secara resmi telah membuka situs portal Data.id. Portal ini memuat berbagai data dari seluruh sektor instansi pemerintahan yang dapat digunakan oleh siapa saja secara bebas.

Kehadiran portal Data.id jelas menandakan momen keterbukaan pemerintah dalam pemanfaatan teknologi terkini, terlebih bagi Indonesia yang mulai memasuki era pemerintahan baru, Data.id jelas sejalan dengan konsep yang sempat diusung oleh pasangan Jokowi-JK dalam pemilu presiden 2014 kemarin. Konsepnya yang terbuka dan dapat digunakan oleh siapa saja, juga membuat portal Data.id bisa pula dimanfaatkan oleh penggiat teknologi untuk menghadirkan produk yang bermanfaat untuk masyarakat luas berdasarkan data pemerintahan yang dirilis.

Anda saat ini bisa langsung sowan ke situsnya untuk melihat-lihat dan menggunakan berbagai data lengkap seperti dari misalnya instansi ekonomi dan keuangan, pendidikan, kependudukan, sumber daya alam, kesehatan, pengadaan, dan sebagainya. Untuk memudahkan, Data.id mengkategorikan satu per satu jenis data instansi langsung di halaman depan sekaligus menyediakan pula fitur pencarian cepat berdasarkan kata kunci.

Secara lengkap, jumlah data yang disediakan mencapai 700 dataset yang diambil dari 24 instansi pemerintah, serta 14 grup yang melengkapi koleksi dataset. Data-data ini diharapkan bisa terus diperbarui setiap tahunnya.

Perlu diketahui, sekian data yang diunggah ke dalam Data.id dikategorikan sebagai domain publik. Tentu berarti dalam hal ini data-data yang bersifat rahasia negara maupun pribadi seperti yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik tidak serta merta dirilis begitu saja.

Untuk mendukung penggiat teknologi, Data.id juga merilis API open source yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan aplikasi mobile. Dalam Data.id juga ditampilkan aplikasi mobile yang telah memanfaatkan API dari Data.id. Sejauh ini baru ada tiga aplikasi yang ditampilkan seperti BenangMerah, APDB (Awasi Pelajari Belanja Daerah), dan ITS (Intelligent Transport System) Jakarta. Aplikasi APBD sendiri merupakan pemenang dari hackathon #HACKJAK yang diselenggarakan pada April 2014 lalu.

Portal Data.id saat ini masih dalam status beta, menurut keterangan dalam situsnya, domain Data.id bersifat sementara dan rencananya akan diubah menjadi data.go.id ketika nanti sudah diluncurkan secara lengkap. Untuk lebih mengetahui soal konsep open government Indonesia, Anda bisa kunjungi situs ini.

[foto: @CC_ID)

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter