Interview

Portal DokterSehat Ingin Edukasi Masyarakat dengan Informasi Kesehatan Terpercaya

Layanan juga diperkuat dengan interaksi langsung bersama dokter untuk konsultasi dan berbagi saran

DokterSehat merupakan sebuah portal online di bidang kesehatan yang menyediakan informasi dan utilitas untuk membantu penggunanya hidup sehat. Saat ini DokterSehat dapat diakses melalui web, aplikasi Android dan juga iOS. Selain menyajikan informasi terpadu, melalui portal DokterSehat juga memberikan kanal interaksi pasien dengan dokter.

"Melalui portal ini kami ingin mendidik orang-orang dengan kesehatan terpercaya informasi yang mudah untuk memahami bahasa dan teknologi yang mudah digunakan. Pengguna juga dapat berinteraksi dengan tim dokter lokal kami untuk meminta pendapat dan saran mengenai topik-topik yang berhubungan dengan kesehatan," ujar CEO DokterSehat Indra Darmawan.

Utilitas kesehatan yang disajikan seperti kalkulator kesehatan, direktori dokter dan rumah sakit di Indonesia, serta prosedur pertolongan pertama dalam keadaan darurat. Semua dapat diakses secara gratis.

"Dengan DokterSehat, kami berharap bahwa kita bisa mendidik masyarakat Indonesia dan menyelamatkan lebih banyak nyawa. Itu didasarkan keadaan di Indonesia, ratusan ribu anak-anak meninggal karena penyakit yang sebenarnya dapat dicegah seperti diare, namun tak tertolong karena kurangnya pendidikan kesehatan dan kesadaran," lanjut Indra.

Saat ini DokterSehat telah bermitra dengan Internet.org yang diinisiasi oleh Facebook dan menjadi satu-satunya startup kesehatan lokal yang terdaftar di layanan ini. Pihaknya juga bermitra dengan Ciputra Healthcare Group dan Bank Mata Jakarta (Mata Bank) untuk mengumpulkan pengetahuan lokal dan meningkatkan fungsionalitas portal di Indonesia.

"Saya dan tim mendirikan DokterSehat dengan motivasi pribadi, melihat bagaimana anggota keluarga terdekat kami yang sedang berjuang dengan penyakit yang sebenarnya dapat dicegah, namun akhirnya meninggal dunia. Kami menyesalinya dan sangat terharu, karena kami percaya bahwa mereka bisa diselamatkan jika saja kita memiliki pengetahuan dan informasi untuk mencegah penyakit di fase awal," ungkap Indra menceritakan latar belakang pendirian DokterSehat.

DokterSehat ini awalnya didirikan sebagai situs informasi sederhana dengan beberapa dokter yang mengisi konten. Namun sejak kuartal terakhir tahun 2015, DokterSehat telah disulap menjadi sebuah portal kesehatan terintegrasi dengan lebih dari 50.000 pengunjung unik setiap hari dengan berbagai fitur kesehatan seperti direktori dokter dan rumah sakit di Indonesia, informasi kesehatan terpercaya, konsultasi online, dan platform untuk diskusi kesehatan.

"Kami telah melayani lebih dari 20 juta orang sejak awal kami dengan lebih dari 3 juta tampilan halaman bulanan dan 50.000 pengunjung unik setiap hari. Beta aplikasi Android kami juga menerima tanggapan yang baik dengan peringkat tinggi dan tinggi jumlah download organik," ujar Indra.

Indra melanjutkan, "Dengan traksi dan tingkat adopsi pengguna, kami berpikir bahwa orang-orang Indonesia benar-benar menghargai produk yang dirancang untuk mudah digunakan, tetapi sangat berguna. [...] Saya pikir salah satu resep kami untuk sukses adalah dengan mengetahui perilaku masyarakat Indonesia yang lebih suka antarmuka sederhana dan lebih akrab."

Pada penghujung tahun 2015, DokterSehat telah menerima seed funding dari angel investor berbasis di Singapura. Pihaknya memilih untuk bekerja sama dengan investor tersebut karena dinilai ia memiliki visi yang sama dan percaya bahwa benar-benar dapat membantu DokterSehat dalam mempercepat pembangunan kesehatan di Indonesia.

"Kami berencana untuk menggunakan investasi untuk memperluas operasi dan menawarkan produk kami. Kami memiliki banyak produk menarik yang akan meluncurkan tahun ini dan akan memperkuat kami sebagai salah satu startup kesehatan di Indonesia. Kami memiliki rencana besar untuk mempercepat pembangunan kesehatan di Indonesia," pungkas Indra.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter