Categories

Berita

Portal Pembanding Harga Telunjuk Ciptakan Potensi Penjualan 27 Miliar Rupiah Per Hari

Hesti Pratiwi - 23 January 2014

Jika dikelola secara profesional, sebuah situs pembanding harga bisa membawa banyak manfaat bagi banyak pihak, termasuk bagi pengguna dan toko online. Misalnya, situs pembanding harga eksklusif Telunjuk sepanjang tahun 2013 lalu mengaku telah berhasil memberikan total potensi penjualan sebanyak Rp 27 miliar per hari kepada toko-toko online yang bekerjasama dengannya.

Telunjuk, sebagai situs pembanding, membantu pengunjung untuk menemukan penawaran online terbaik bagi produk yang dicarinya. Konsumen dapat menemukan dengan mudah perbandingan harga barang-barang elektronik serta panduan barang-barang fashion yang dijual toko online yang telah menjadi partner Telunjuk. Termasuk bila ingin mencari mencari promo barang harga termurah, bebas ongkos kirim, serta cicilan dengan bunga 0%.

Sebagai situs pembanding harga, Telunjuk juga berfungsi sebagai mesin pencari, turut menyumbang traffic yang besar kepada merchant yang bergabung. Tujuan memilih toko-toko online terpercaya dengan melalui proses seleksi internal ini dilakukan demi menjaga kenyamanan pengunjung dalam melalui transaksi online.

“Kami secara rutin menolak aplikasi toko online yang berminat bergabung dengan kami demi menjaga kualitas produk dan toko online pada portal Telunjuk,” ujar Redya Febriyanto, co-founder sekaligus CEO/COO Telunjuk.

Telunjuk, yang telah mendesain portal tersebut dengan cermat, membedakan pencarian produk elektronik dan produk fashion, yang membuat pengunjung dapat mencari produk lebih spesifik sesuai keinginannya. Sepanjang 2013 mereka telah memaksimalkan potensi pembelian dari traffic yang dikirimkan ke toko online. Nilai potential sales dari traffic tersebut pun cukup besar.

Angka Rp 27 milliar sehari yang diakui oleh Telunjuk tersebut mewakili calon pembeli potensial yang telah mempunyai pilihan produk yang ingin dibeli. Maka, saat mengunjungi toko online tersebut pengunjung tinggal menuntaskan pembelian. “Kami memberikan high quality traffic, yaitu pengunjung yang memang sudah sangat berniat membeli produk yang dia klik. Dengan ini kami menjamin bahwa frekuensi pembelian yang terjadi di toko online akan lebih baik dari sumber-sumber traffic lain. Kami juga tidak menawarkan reward apapun ke pengunjung untuk melakukan klik agar traffic kami ke toko online tetap berkualitas,” tambah Redya lagi.

Telunjuk saat ini telah memiliki total 287 kategori produk, baik besar maupun kecil. Kategori yang terbesar masih di seputar gadget, elektronik, dan fashion. Untuk kategori ponsel saja, traffic yang dikirim nilainya dapat mencapai Rp 10 miliar sehari.  64 persen di antaranya pengunjung yang berminat membeli ponsel Android dan harga rata-ratanya adalah 2,1 juta rupiah.

Telunjuk tahun 2013 lalu juga telah memperoleh investasi dari Venture Republic, sebuah perusahaan yang mendirikan coneco.net. Investasi tersebut dinilai Telunjuk memberikan dampak positif, sebab Venture Republic sendiri telah berpengalaman lebih dari 10 tahun pada industri yang sama di Jepang.

Sayangnya Telunjuk tidak membeberkan berapa dari potensi penjualan Rp 27 miliar tersebut yang terealisasi baik dalam persentasi maupun nilai sebenarnya.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter