Categories

Event

Menerka Potensi Masa Depan Inovasi Teknologi di Indonesia

Melalui seri ketiga rangkaian webinar Startup Untuk Negeri bersama AWS.

Ilham Sanjaya - 3 September 2020

Perkembangan teknologi yang terus terjadi selama beberapa tahun ke belakang telah mendorong para pelaku startup untuk terus menghadirkan berbagai inovasinya. Inovasi tersebut tidak hanya hadir dalam bentuk produk atau layanan baru, tetapi juga pengembangan fungsi-fungsi baru yang membuat mereka dapat memperluas cakupan bisnisnya.

Di satu sisi, perkembangan ini juga didukung oleh meningkatnya adaptasi teknologi baik oleh para pelaku bisnis maupun para konsumennya. Di sisi lain, inovasi-inovasi baru tersebut juga hadir dari kepekaan startup dalam melihat masih banyaknya problem-problem potensial yang dapat diselesaikan dengan efektif melalui produk atau layanan berbasis teknologi.

Kepekaan tersebut juga dapat membantu startup dalam melihat potensi pengembangan produk-produknya di masa depan. Kebutuhan konsumen yang terus berkembang hingga keinginan startup dalam memberikan pelayanan yang komprehensif dapat menjadi pendorong mereka untuk mengadaptasi solusi teknologi baru dalam produk ataupun layanannya. Dengan memanfaatkan potensi-potensi tersebut, startup dapat memiliki peluang bisnis baru sekaligus memberikan kemudahan baru nan canggih bagi konsumennya.

Pembahasan mengenai pemanfaatan potensi masa depan inovasi teknologi ini juga akan menjadi topik pembahasan dalam seri terakhir rangkaian webinar Startup Untuk Negeri. Bila Anda tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut seputar topik ini, segera daftarkan diri Anda melalui link berikut ini

Masih Banyak Peluang yang Dapat Dieksplorasi

Pemanfaatan teknologi seperti artificial intelligence, big data, Internet of Things, hingga cloud kini bukan hal yang baru di Indonesia. Startup-startup yang membuat produk teknologi tersebut serta yang memanfaatkannya untuk menambah nilai guna dari produknya sudah mulai bermunculan. Pemanfaatannya pun bervariasi, mulai dari operasional bisnis hingga diintegrasikan dengan kehidupan masyarakat sehari-sehari. Contohnya pemanfaatan teknologi cloud dalam meningkatkan operasional perusahaan dan penggunaan AI dalam deteksi penggunaan masker di tempat publik untuk mencegah penularan COVID-19.

Secara umum, pemanfaatan teknologi-teknologi tersebut digunakan untuk menciptakan efisiensi dan efektivitas kerja. Salah satu bentuknya adalah otomasi proses manual yang dilakukan secara berulang. Dengan begitu, para pelaku bisnis dapat fokus untuk memaksimalkan aspek lainnya dalam operasional perusahaan sehingga produktivitas perusahaan dapat ditingkatkan.

Menurut data McKinsey, otomasi yang dihasilkan dari pemanfaatan inovasi teknologi ini dapat meningkatkan pertumbuhan PDB Indonesia. Selain itu, laporan yang sama juga menunjukan bahwa otomasi kerja ini disisi lain bisa menciptakan lapangan kerja baru hingga 25 juta angkatan kerja di Indonesia pada tahun 2030. Untuk itu, pemanfaatan inovasi teknologi ini dapat sangat berpotensi bagi perekonomian Indonesia. Tidak hanya itu, pemanfaatan tersebut juga berpotensi membantu startup-startup dalam negeri untuk memperluas cakupannya sehingga produk dan layanannya dapat bersaing secara global.

Di sisi lain, potensi tersebut juga harus dapat didukung dengan bantuan pemerintah, terutama dalam pengembangan infrastruktur. Dengan infrastruktur yang memadai, tentunya inovasi teknologi tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan mudah, serta membantu startup untuk mengeksplorasi kebutuhan-kebutuhan baru yang hadir di tengah masyarakat,

Tentunya banyak potensi inovasi teknologi yang bisa dieksplorasi oleh para pelaku startup di masa depan, tidak hanya berkutat pada pemanfaatan satu jenis teknologi. Potensi yang juga bisa dimanfaatkan adalah dengan menggabungkan fungsi dari berbagai solusi teknologi, sehingga pemanfaatannya dapat lebih komprehensif dan disesuaikan dengan berbagai jenis kebutuhan konsumen. Selain itu, potensi yang dapat dimanfaatkan adalah peningkatan kompleksitas use case, sehingga implementasi inovasi teknologi tersebut tidak hanya berhenti pada monitoring ataupun deteksi, tapi juga pada hal-hal yang lebih advance, sesuai dengan kebutuhan pengembangan produk dan layanannya.

Bantu Adanya Pemerataan Adaptasi Teknologi

Pemanfaatan potensi inovasi teknologi di Indonesia tidak hanya dapat dilakukan untuk menghadirkan produk baru, tetapi juga berpotensi untuk melakukan pemerataan inovasi tersebut di berbagai kategori bisnis. Saat ini sudah mulai banyak kategori yang mulai melakukan pendekatan teknologi mulai dari edukasi, manufaktur, kesehatan, hingga pertanian. Selain itu, semakin bervariasinya inovasi teknologi tersebut juga dapat membantu menjangkau jenis konsumen yang juga semakin bervariatif.

Hal tersebut juga dapat membantu para startup untuk melakukan penggunaan inovasi teknologinya di berbagai daerah di Indonesia. Di masa depan, tidak menutup kemungkinan adanya peningkatan jumlah pemanfaatan teknologi di daerah dengan lingkup kecil seperti pedesaan, sehingga seluruh masyarakat dapat memanfaatkan big data, kecerdasan buatan, hingga sistem cloud dalam kegiatan perekonomian dan kehidupannya sehari-sehari. Meski begitu, salah satu tantangan dalam pemerataan adaptasi teknologi ini adalah edukasi terkait penggunaannya, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan produk atau layanan berbasis teknologi tersebut dengan baik dan sesuai kebutuhannya.

Tentunya, masih banyak potensi inovasi teknologi dalam negeri lainnya yang dapat dieksplorasi di masa depan. Mengusung topik “Potensi Masa Depan Inovasi Teknologi di Indonesia”, webinar Startup Untuk Negeri yang diadakan oleh AWS bekerja sama dengan DailySocial ini akan membahas bagaimana potensi masa depan inovasi teknologi di Indonesia. Selain itu, webinar ini juga akan membahas apa tantangan yang akan dihadapi dalam pemanfaatan inovasi teknologi tersebut di masa depan. Webinar ini juga turut mengundang Suwandi Soh (CEO Mekari) dan Andrew Wangsanata (Solution Architect AWS) sebagai pembicara untuk berdiskusi lebih lanjut terkait topik di atas.

Bila tertarik untuk mengikuti seri kedua dari webinar Startup Untuk Negeri ini, segera daftarkan diri Anda dalam webinar tersebut melalui link berikut ini.

Disclosure: artikel ini merupakan bagian dari publikasi acara webinar AWS #StartupUntukNegeri

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter