Categories

Berita

PouchNATION Luncurkan Gelang Pendeteksi Suhu Tubuh, Mulai Pasarkan Produk dan Layanan di Indonesia

Dapat digunakan untuk keperluan personal ataupun kolektif dengan berbagai skenario

Randi Eka - 27 June 2020

PouchNATION, pengembang platform teknologi untuk manajemen acara, baru-baru ini meluncurkan produk baru bernama PouchPASS. Yakni gelang yang dilengkapi sistem monitor suhu tubuh. Memanfaatkan bluetooth yang terhubung ke ponsel pintar pengguna, perangkat tersebut akan merekam suhu dan mengirimkan data ke dasbor secara berkesinambungan.

Penggunaannya bisa secara personal ataupun kolektif. Sehingga bisa diskenariokan untuk memudahkan panitia acara melakukan pelacakan dan deteksi dini untuk mengurangi persebaran Covid-19.

PouchPASS sebenarnya tidak hanya dipasarkan untuk penyelenggaraan acara saja, namun juga untuk penggunaan di rumah, di tempat belanja, bandara, dan berbagai kebutuhan lainnya. Biasanya ketika di suatu tempat dalam kondisi “new normal”, setiap kali masuk orang harus diukur suhu tubuhnya oleh petugas secara manual. Dengan memakai gelang ini, proses tersebut tidak perlu lagi. Petugas cukup memantau melalui dasbor di aplikasi atau situs web.

Tampilan dasbor pengelola untuk penggunaan PouchPASS secara kolektif / PouchNATION
Tampilan dasbor pengelola untuk penggunaan PouchPASS secara kolektif / PouchNATION

Sudah tersedia di Indonesia

Seperti diketahui sebelumnya, salah satu produk PouchNATION adalah gelang berbasis NFC sebagai tiket masuk ke sebuah ekshibisi. Berbeda dengan tiket tradisional yang menggunakan kertas atau sejenisnya, pendekatan teknologi disematkan untuk menghasilkan data komprehensif seputar keikutsertaan peserta terhadap acara — termasuk merekam keluar-masuknya peserta ke dalam acara.

Kepada DailySocial, CEO PouchNATION Ilya Kravtsov mengatakan bahwa seluruh varian produk dan layanan mereka sudah bisa digunakan di Indonesia. Perusahaan juga sudah memiliki kantor perwakilan berbasis di Indonesia. Ekspansi ke Indonesia PouchNATION didukung sejumlah perusahaan lokal, di antaranya Traveloka dan TIX ID yang turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan seri B tahun lalu.

Lebih lanjut Kravtsov bercerita, mereka sudah mengudara sekitar 5 tahun, mengelola ratusan acara setiap tahun di Asia Tenggara. Ketika Covid-19 datang, ini menjadi salah satu peristiwa besar yang sangat baru dan bertampak pada bisnis mereka. Maka tidak ada pilihan selain harus beradaptasi dengan kondisi. Melihat situasi yang ada, tercetuslah inovasi PouchPASS dari tim internal, yang dikerjakan dalam waktu yang relatif singkat.

Sebagai bagian dari perlindungan privasi, pengguna juga bisa memilih untuk mengaktifkan layanan lokasi di ponsel mereka untuk memberikan izin pelacakan. Saat menghubungkan perangkat gelang PouchPASS pengguna akan diminta melakukan sinkronisasi ke ponselnya.

Gelang PouchPASS atau yang disebut dengan PouchBAND tersedia dalam tiga ukuran kecil (11-16cm), sedang (15-20cm), dan besar (18- 23cm). Mereka juga melayani kebutuhan rebranding (misalnya pemasangan logo) untuk pemesanan kolektif. Gelang ini juga diklaim tahan terhadap debut dan air, sehingga penyelenggara acara dapat menggunakan secara berulang dan mencucinya. PouchBAND dibekali dengan baterai koin lithium CR2032, yang bisa diganti ketika dayanya habis.

Inovasi penyelenggara acara

Beberapa startup terus mengupayakan inovasi untuk sambut normal baru, termasuk untuk kebutuhan seperti penyelenggaraan acara dan aktivitas di ruang publik. Belum lama ini, startup manajemen acara lokal LOKET juga lakukan hal serupa. Mereka meluncurkan pembaruan aplikasi yang memungkinkan penyelenggara lakukan beberapa hal. Pertama untuk sistem registrasi praktis dan pengaturan jumlah peserta; sistem manajemen pengendali kapasitas massa; hingga pelacak kapasitas massa.

Qlue juga hadirkan produk baru, di antaranya sistem pengecekan suhu tubuh dengan sensor thermal, pengecekan penggunaan masker, pengecekan jarak kerumunan, hingga pengecekan trafik berbasis CCTV.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter