Categories

Gadget

PowerUp Bisa Mengubah Pesawat Kertas Jadi Mainan Remote Control

Yoga Wisesa - 14 October 2014

Beberapa waktu lalu, seorang mantan pilot bernama Shai Goitein memiliki mimpi untuk menghidupkan kembali semangat ber-origami dan menciptakan mainan dari kertas dengan dukungan teknologi modern dan perangkat mobile. Ide tersebut ia tuangkan di situs crowdfunding Kickstarter, dan mendapatkan respon yang sangat luar biasa dari khalayak.

Ide Goitein cukup mengagumkan, ia memperkenalkan PowerUp 3.0, sebuah sistem modul elektronik sederhana yang mampu mengubah mainan kertas menjadi mainan remote control sejati – dikendalikan dari perangkat mobile Anda. Angka 3 pada nama menunjukkan bahwa ia adalah varian terbarunya. Dan memang, ada beberapa produk PowerUp yang bisa dipilih.

Selain dari tipe PowerUp 2.0 dan PowerUp 3.0, Anda dapat membeli model Bundle, Template dengan 16 lembar kertas bergambar pesawat ulang alik, pembom siluman, a la Red Baron dan sketsa rancangan Leonardo da Vinci. Jika Anda lebih memilih bermain-main di permukaan kolam, pilih saja PowerUp Boat.

Sesuai janjinya, memainkan PowerUp sangatlah mudah. Anda hanya perlu melipat selembar kertas biasa menjadi pesawat mainan. Jika tak mengerti caranya, tinggal ikuti panduan dari tim PowerUp. Setelah beres, pasangkan Smart Module di tengah-tengah punggung pesawat dengan baling-baling mengarah ke belakang. Kini sambungkan modul tersebut ke smartphone, dan Anda sudah bisa menerbangkannya.

PowerUp 03

 

Info menarik: Ini Dia Makani Energy Kite, Layang-Layang Pembangkit Listrik Dari Google

 

Sistem kontrol juga sangat mudah dipelajari. Layaknya bermain game RealRacing atau Asphalt, memiringkan handset ke kanan dan kiri akan mengubah arah terbang pesawat. Untuk terbang lebih tinggi atau lebih rendah, gunakan throttle dalam aplikasinya. Smart Module dibuat dari bahan serat karbon anti-benturan, kemudian ia dibekali kontrol terbang yang presisi dan intuitif ber-thruster otomatis. Dalam sekali isi ulang, Anda bisa menerbangkan PowerUp selama 10 menit.

PowerUp memanfaatkan konektivitas Bluetooth Low Energy, proses charging via micro USB, terbang hingga jarak 55 meter dan mendapatkan update firmware wireless berkala. Anda bisa menambahkan power pack baterai lithium polymer 1000 mAh untuk terbang non-stop. Saya pribadi sangat suka dengan desain apik aplikasinya. Di sana ada indikasi baterai, jarak, level daya dorong, indikator horison (seperti pada permainan simulasi pesawat terbang) hingga Air Traffic Control.

Sejauh ini PowerUp baru kompatibel dengan perangkat-perangkat Apple tertentu saja, contohnya: iPhone 4S, 5, 5S dan 5C; iPod Touch generasi terbaru; iPad 3rd Gen, Air dan Mini. Tim pengembang juga sedang merapikan app Android-nya, kini hadir dalam versi beta. Silakan pesan PowerUp langsung dari websitemereka. Model terkininya dibanderol US$ 50.

Gambar: Kickstarter.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter