1. DScovery

PPG Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Program Pendidikan Guru

Di era digitalisasi persaingan kerja semakin meningkat, tak terkecuali profesi guru. Berikut ini penjelasan terkait ppg (program pendidikan guru) sebagai solusi atas permasalahan tersebut.

Program Pendidikan Guru hadir sebagai salah satu jawaban untuk memenuhi kemampuan dan kompetensi persaingan di era globalisasi untuk profesi guru. Upaya pemerintah untuk dapat mengaktualisasi tenaga pendidik yang profesional dan mendukung perkembangan setiap individu menciptakan Program Pendidikan Guru. 

Saat ini dunia professional saling bersaing dengan ketat, tak menutupi bahwa hal tersebut juga terjadi pada profesi guru. Oleh karena itu PPG berupaya untuk meningkatkan kualitas guru sebagai pengajar, berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai PPG yang perlu kamu ketahui!

Pengertian PPG

PPG (Program Pendidikan Guru) adalah sebuah program secara profesional yang diadakan guna meningkatkan kemampuan dan kompetensi seorang guru. PPG adalah program yang dibuat untuk meningkatkan kemampuan atau kompetensi para guru dan calon guru, hal ini sebagai upaya dari pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah.

Program Pendidikan Guru atau disingkat PPG, merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk memberikan pelatihan kepada para guru di Indonesia. PPG (Program Pendidikan Guru) memiliki beberapa bentuk seperti, PPG pra-jabatan, PPG mandiri, PPG subsidi dan lain sebagainya. 

Melalui program PPG para guru dan calon guru akan diberikan pembekalan materi dan juga pengalaman yang sesuai setelah mendapatkan gelar sarjana. PPG (Program Pendidikan Guru) juga menjadi program yang berupaya untuk mempersiapkan para calon guru profesional dan memiliki kompetensi yang tersertifikasi melalui program tersebut.

Tujuan PPG

Sebagaimana telah dijelaskan di awal bahwa PPG adalah program yang diadakan guna meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru. Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa poin lainnya yang menjadi tujuan Program Pendidikan Guru ini. Berikut ini tujuan PPG (Program Pendidikan Guru):

  • Bertujuan untuk meningkatkan standar kualifikasi tenaga pendidik.

PPG (Program Pendidikan Guru) bertujuan guna meningkatkan standar kualifikasi tenaga pendidik, hal ini menjadi hal yang penting karena sebagaimana tugasnya. Tenaga pendidik adalah sebuah profesi yang akan melahirkan para penerus bangsa dalam lingkup sekolah formal dan wajib di Indonesia. Jika ingin menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang baik, maka tenaga pendidik juga harus diberikan pembekalan materi yang kompeten.

  • Bertujuan untuk meningkatkan kompetensi atau kemampuan tenaga pendidik yang kurang kompeten.

PPG (Program Pendidikan Guru) juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik yang kurang kompeten. Karena dalam program ini setiap tenaga pendidik akan diberikan pelatihan dan materi untuk meningkatkan skill yang dimilikinya, sehingga dinyatakan kompeten melalui sertifikat yang telah diakui.

  • Melatih para tenaga pendidik dalam critical thinking dan problem solving.

PPG (Program Pendidikan Guru) bertujuan untuk melatih critical thinking dan problem solving para tenaga pendidik. Seorang guru pada saat mengajar akan bertemu dengan beragam sifat dan karakter murid yang berbeda-beda, sehingga menyebabkan tenaga pendidik untuk dapat beradaptasi dan mengetahui sikap serta tanggapan seperti apa yang perlu dilakukannya sebagai guru profesional.

  • Meningkatkan kemampuan inovasi para tenaga pendidik dalam pengajaran.

Tujuan lainnya dari PPG (Program Pendidikan Guru) adalah meningkatkan kemampuan inovasi para tenaga pendidik dalam pengajaran. Disini tenaga pendidik akan dihadapi oleh berbagai perkembangan zaman terutama akibat adanya teknologi, hal ini mengharuskan tenaga pendidik beradaptasi dengan kebutuhan setiap murid dan setiap generasi yang berbeda-beda.

  • Menghasilkan guru profesional, kreatif, inovatif dalam mengajar, membimbing, memberikan pengarahan, menilai serta mengevaluasi pelajar.

PPG (Program Pendidikan Guru) bertujuan untuk menghasilkan guru profesional dalam dunia pendidikan. Profesional disini bermakna bagaimana seorang tenaga pendidik dapat menjalankan dan beradaptasi menjalankan perannya sebagai guru, untuk mendidik dan mengevaluasi setiap peserta didik dengan berbagai karakter yang berbeda.

Manfaat PPG

Terdapat beberapa poin yang menjadi manfaat Program Pendidikan Guru ini. Berikut ini manfaat PPG (Program Pendidikan Guru):

  1. Untuk mendapatkan sertifikasi pendidik yang telah diakui.
  2. Untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, karier profesional serta kepribadian tenaga pendidik melalui PPG.
  3. Untuk mendapatkan title atau bentuk pengakuan sebagai guru profesional.
  4. Untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di Indonesia.
  5. Untuk menyediakan Sumber Daya Manusia yang berdaya guna dan terampil.
  6. Untuk meningkatkan kualifikasi dalam persaingan kerja.

Sekian penjelasan terkait PPG (Program Pendidikan Guru) yang ada di Indonesia. Menjadi tenaga pendidik bukanlah hal yang mudah, khususnya menjalaninya sebagai sebuah profesi untuk mendidik anak-anak dengan kepribadian yang berbeda. 

Untuk itu PPG (Program Pendidikan Guru) bertujuan menjawab permasalahan tersebut, menjawab masalah pendidikan terkait kompetensi dan pengakuan atas gelar profesi guru di Indonesia. Semoga informasi tersebut dapat membantu mu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again