Gadget

Pre-Order Dimulai, Ini Dia Detail Mengenai Versi Retail Oculus Rift, Termasuk Harga

Info lainnya meliputi isi paket pembelian, waktu ketersediaan, negara-negara pertama yang akan mendapatkannya, sampai daftar kebutuhan hardware.

Penantian akhirnya usai. Periode pemesanan Oculus Rift dibuka semalam, dan sesuai kabar dari tim pimpinan Palmer Luckey itu, Oculus VR mengungkap segala informasi krusial terkait head-mounted display virtual reality mereka: dari mulai isi paket pembelian, harga, waktu ketersediaan, negara-negara pertama yang akan mendapatkannya, sampai daftar kebutuhan sistem.

Kita akan mulai dari bundel pembelian. Unit Oculus Rift versi retail sudah terintegrasi ke headphone. Kemudian di dalam boks, ia ditemani oleh sensor, microphone, controller Xbox One, serta Oculus Remote. Gamepad home console Microsoft itu diklaim sangat cocok untuk menikmati bermacam-macam game VR, termasuk Lucky’s Tale dan EVE: Valkyrie yang bisa segera dimainkan. Namun Oculus Remote sendiri merupakan kejutan menarik.

Oculus Remote adalah perangkat input yang dedesain sebagai sarana intuitif dalam navigasi konten VR. Dengannya kita bisa mudah menjelajahi Oculus store, mengeksplorasi Oculus Video, serta dijadikan controller game.

Oculus VR menjanjikan akan ada lebih dari 100 game blockbuster hadir untuk Rift di akhir 2016, termasuk Minecraft. Beberapa di antara mereka ialah judul eksklusif VR, misalnya Rockband VR (Harmonix), Edge of Nowhere (Imsoniac), dan The Climb (Crytek).

Tentu supaya Rift berjalan optimal, PC Anda harus sanggup menanganinya. Developer tak lupa memublikasikan daftar rekomendasi hardware versi final:

  • Prosesor Intel i5-4590
  • Kartu grafis Nvidia GTX 970 / AMD R9 290
  • Memori RAM 8GB
  • Output video HDMI 1.3
  • Input tiga buah port USB 3.0 dan satu USB 2.0
  • Sistem operasi Windows 7 atau yang terbaru

Jika Anda membutuhkan sistem baru buat menangani Rift, Oculus VR telah berkolaborasi bersama produsen-produsen PC dan hardware ternama untuk menyajikan Oculus Ready PC. Nama-nama yang sudah dikonfirmasi meliputi Alienware, Asus dan Dell.

Anda ingat saat Palmer Luckey bilang bahwa Rift akan dijajakan 'lebih dari US$ 350'? Ternyata varian retail dibanderol seharga US$ 600, jauh lebih mahal dibandingkan asumsi banyak orang - terutama jika dikomparasi dengan tipe Development Kit 2. Bundel Oculus Ready PC dan Rift juga disiapkan, bisa dipesan mulai Februari, ditawarkan seharga US$ 1.500.

Proses pengiriman gelombang pertama rencananya akan mulai dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2016 untuk 20 negara. Indonesia belum ada di sana, tapi Oculus VR mempunyai agenda buat 'menambahkan lebih banyak negara' di daftar tersebut.

Sumber: Oculus.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter